66 Tahun Berlalu, Suib: Hari Ini Kita Rasakan Kalbar Semakin Membaik

KalbarOnline, Pontianak – Hari ini, Sabtu tanggal 28 Januari 2023, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Pemprov Kalbar) berulang tahun yang ke-66. Acara rutinitas yang digelar setiap tahunnya itu sedianya sebagai pengingat kembali bagaimana dulunya pemerintahan ini berdiri.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalbar, Suib menyampaikan, hari jadi pemprov tahun ini seyogianya turut diharapkan sebagai momentum penyegaran visi misi yang perlu disampaikan oleh pemprov dalam hal ini gubernur kepada seluruh masyarakat Kalbar. Di mana tentunya, ketika Pemprov Kalbar dulunya diresmikan oleh pemerintah, banyak harapan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

“Sudah 66 tahun berlalu, hari ini kita rasakan Kalbar sudah semakin membaik. Arah pembangunan sudah betul, tentunya kita sebagai masyarakat inginnya lebih dari yang hari ini kita rasakan, hari ini yang kita lihat dan tampak secara kasat mata,” ujarnya.

Politisi Hanura Kalbar itu memandang, bahwa perubahan-perubahan yang dirasakan hari ini membutuhkan proses panjang yang tidak sebentar. Begitupun dengan harapan-harapan besarnya, perlu diwujudkan dengan konsep dan kerja keras bersama.

“Tapi memang kita akui, semua itu perlu waktu, perlu konsep dan kerja keras, terutama dari Gubernur Kalbar sendiri sebagai kepala daerah,” katanya.

Meskipun dari periode ke periode yang berlanjut dan silih berganti, Suib optimis, setiap kepala daerah yang menjabat tersebut mempunyai visi besar untuk mensejahterakan masyarakatnya.

Baca Juga :  KPU Ketapang Sebut Baru Tahu Kalau Ada Napi Lolos DCT Setelah Ada Laporan Masyarakat

“Hanya saja konsep atau cara memimpin dan membangun yang berbeda, tapi kita harus dukung semua kebijakan dalam rangka mensejahterakan masyarakat,” katanya.

Sehingga dalam prosesnya, lanjut dia, kerap terjadi dinamika kepemimpinan yang disusul dengan adanya perbedaan persepsi, perdebatan terkait sudut pandang dalam memajukan daerah. Hal itu wajar menurut Suib, karena memang Kalbar ini bukan milik satu orang, tapi milik seluruh masyarakatnya.

“Sehingga Pemprov Kalbar, dalam hal ini gubernur, harus bisa mengakomodir aspirasi semua pihak, sehingga gubernur bisa menelurkan satu kebijakan yang cerdas yang berdampak luas,” ucapnya.

Karena lanjut Suib, ketika sudah menjadi kepala daerah, yang ada di pikirannya bukan lagi basis suara pendukung, tapi segalanya sudah menjadi milik masyarakat Kalbar.

“Nah, hari ini, Gubernur Kalbar yang dipimpin Pak Sutarmidji, hadir di semua sektor, semua keperluan masyarakat Kalbar tidak memandang suku, agama dan basis pemilih. Tentunya ini satu pola yang dibangun beliau, sedikit demi sedikit sudah mulai tampak menuju perbaikan,” tutur Suib.

Di momen sakral ini, Suib pun berharap, bahwa Pemprov Kalbar tetap bisa mengakomodir kearifan lokal, yang mana menarik semua persepsi dari sudut pandang lintas sektor untuk diluangkan dalam satu kebijakan yang bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Baca Juga :  Kirab Budaya Grebek Syuro Paguyuban Jawa Kalbar Ramaikan Harjad Kota Pontianak

“Saya sebagai Anggota DPRD Kalbar dapil Kubu Raya-Mempawah mengapresiasi seluruh ikhtiar, langkah dan kebijakan yang dilakukan Pak Gubernur melalui aspirasi masyarakat, anggota DPRD, organisasi masyarakat. Saya ucapkan terima kasih atas pengorbanan waktu, pikiran sehingga Kalbar menjadi lebih baik dan akan menuju yang terbaik dari seluruh daerah di Indonesia ini,” kata Suib.

Dirinya turut ucapkan selamat ulang tahun ke-66 Pemprov Kalbar, dengan harapan semoga Kalbar bisa menjadi daerah yang bisa memenuhi harapan dan terus mensejahterakan masyarakatnya.

“Kedepan masih banyak PR yang harus kita selesaikan bersama, dan banyak hal yang harus dicapai terutama berkaitan dengan sektor SDA dan SDM. Kita akui sudah banyak yang sedang berproses menuju perbaikan melalui berbagai inovasi dan kinerja yang dilakukan pemprov,” pujinya.

Sementara kepada seluruh masyarakat Kalbar, Suib mengharapkan agar terus mendukung kebijakan-kebijakan Pemprov Kalbar, sembari Pemprov Kalbar sendiri bersama DPRD akan terus berupaya maksimal demi Kalbar yang lebih baik ke depannya.

“Harapan kami masyarakat terus mendukung Pemerintah Provinsi Kalbar dan DPRD Kalbar. Kami juga harap pemprov terus dapat bersinergi dengan DPRD,” tuntasnya. (Jau)

Comment