PKK Kalbar Jaring Ribuan Pendonor Semarakkan Aksi Donor Darah Serentak Bersama PMI

KalbarOnline, Pontianak – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat, Lismaryani bersama Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Harisson dan pengurus PMI Kalimantan Barat membuka secara resmi kegiatan Donor Darah Serentak se-Kalimantan Barat secara hybrid di Kantor Sekretariat TP PKK Provinsi Kalimantan Barat, Rabu (25/01/2023).

Ketua TP PKK Provinsi Kalbar menyampaikan, bahwa kegiatan Donor Darah Serentak yang digelar dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat ke-66 tahun 2023 tersebut ditargetkan dapat memperoleh 1.000 kantong darah.

“Target kita 1.000 pendonor untuk mendonorkan darahnya dan Alhamdulillah dari setiap kabupaten sudah melebihi target, di mana kita meminta 50 pendonor per kabupaten, ternyata ada yang mencapai 100 pendonor, bahkan ada yang sampai 170 pendonor,” ujar Lismaryani.

Lismaryani pun berharap, agar kolaborasi seperti ini dapat lebih ditingkatkan lagi kedepannya, baik kerjasama dengan OPD-OPD yang ada maupun masyarakat.

Tak hanya itu, dirinya turut mengajak para relawan yang terjaring tersebut untuk menjadi pendonor tetap yang mendonorkan darahnya setiap 2 – 3 bulan sekali guna membantu ketersediaan darah di Provinsi Kalimantan Barat.

Baca Juga :  Bapenda Kalbar Komitmen Wujudkan Pelayanan Ramah Disabilitas

“Kita (TP PKK Provinsi Kalbar) dalam rangka merayakan hari-hari besar seperti 17 Agustus dan HUT Pemprov akan selalu mengadakan donor darah. Jadi setiap ada hari besar apapun, kita akan mengadakan kegiatan donor darah,” ujarnya.

“Dan siapa yang mendonorkan darahnya lebih dari 75 kali, saya akan memberikan pin emas, saya berharap pendonor pada hari ini bisa dalam  2 – 3 bulan sekali mendonorkan darahnya,” tambah Lismaryani.

Ketua TP PKK Provinsi Kalbar, Lusmaryani membuka secara resmi kegiatan Donor Darah Serentak yang digelar dalam rangka menyemarakkan HUT Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat ke-66 tahun 2023. (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)
Ketua TP PKK Provinsi Kalbar, Lusmaryani membuka secara resmi kegiatan Donor Darah Serentak yang digelar dalam rangka menyemarakkan HUT Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat ke-66 tahun 2023. (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)

Dalam kesempatan itu, dirinya juga meminta kepada kabupaten/kota yang akan melaksanakan kegiatan donor darah untuk memberikan bantuan atau souvenir kepada pendonor sebagai bentuk apresiasi serta untuk menimbulkan rasa semangat untuk melakukan donor darah secara rutin.

“Biar mereka (relawan/pendonor) semangat, jadi kita harus memberikan  souvenir apapun itu, untuk meningkatkan animo masyarakat untuk mendonorkan darahnya,” pintanya.

Baca Juga :  Harga Meroket, Mulyadi Ajak Warga Tanam Cabe di Pekarangan

Sebelum menutup sambutannya, kepada seluruh relawan yang telah mengikuti Donor Darah Serentak dalam rangka HUT Pemprov Kalbar ke-66 itu, Lismaryani mengucapkan terima kasih serta apresiasi yang setinggi-tingginya.

Sebagai informasi, kegiatan Donor Darah Serentak juga dirangkaikan dengan launching Jaringan Rumah Autis Gratis Sayang Kalbar dan launching Call Center 24 Jam PMI Kalbar.

Jaringan Rumah Autis Gratis Sayang Kalbar sendiri merupakan pusat layanan terapi secara gratis untuk anak berkebutuhan khusus dari keluarga tidak mampu. Pusat layanan tersebut terletak di 5 lokasi yaitu:

  1. Jalan H Rais A Rahman, Gang Agung (Pontianak)
  2. Jalan Ampera, Gang Ikhlas (Pontianak)
  3. Jalan Parit H Muksin (Kubu Raya)
  4. Terentang (Kubu Raya)
  5. Kabupaten Mempawah

Kemudian untuk Call Center 24 Jam PMI Kalbar dapat menghubungi Pusat Layanan Informasi, Pengaduan & Respon Cepat Tanggap PMI Kalbar via WA/telepon/SMS 081287000060. (Jau)

Comment