Komitmen Majukan Dunia Pendidikan, Edi Kamtono Terima Penghargaan dari PGRI

KabarOnline, Pontianak – Atas komitmen dan kontribusinya terhadap dunia pendidikan, Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menerima penghargaan dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Penghargaan berupa Dwija Praja Nugraha diserahkan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar Harisson bertepatan upacara peringatan HUT PGRI ke-77 di halaman depan Kantor Wali Kota Pontianak, Jumat (25/11/2022) pagi.

Plt Ketua PGRI Kalbar, Muhamad Firdaus mengatakan, pemberian penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi PGRI kepada kepala daerah yang telah mencurahkan perhatian dan komitmennya bagi kemajuan dunia pendidikan. Ia menyebut penghargaan tersebut dianugerahkan melalui penilaian terhadap kepala daerah yang konsen memajukan dunia pendidikan. Wali Kota Edi Kamtono merupakan satu di antara kepala daerah yang dinilai memenuhi kriteria penerima penghargaan dari PGRI.

“Kita tidak ujug-ujug memberikan penghargaan ini kepada kepala daerah, tetapi melalui proses penilain terhadap kepala daerah yang konsen memajukan dunia pendidikan termasuk perhatian pada guru-guru,” ujarnya.

Foto bersama penerima penghargaan dari PGRI Kalbar. (Foto: Prokopim For KalbarOnline.com)
Foto bersama penerima penghargaan dari PGRI Kalbar. (Foto: Prokopim For KalbarOnline.com)

Menurutnya, kepala-kepala daerah yang menerima anugerah Dwija Praja Nugraha itu sudah memberikan perhatian secara detail kepada guru-guru termasuk di daerah masing-masing sehingga PGRI menilai para kepala daerah diberikan penghargaan.

“Penghargaan ini diberikan kepada kepala daerah yang memiliki dedikasi tinggi dan perhatian besar kepada dunia pendidikan,” ungkapnya.

Diakuinya, memang disadari sarana dan prasarana infrastruktur pendidikan masih terdapat kekurangan-kekurangan di daerah-daerah. Untuk itu pihaknya juga menyampaikan kepada pemerintah daerah kabupaten/kota maupun provinsi untuk terus berbenah.

“Jadi PGRI akan memberikan masukan kepada pemerintah daerah melalui kepala dinas pendidikan kabupaten/kota maupun provinsi untuk memperhatikan sekolah-sekolah yang sarana prasarananya masih kurang,” terangnya.

Para guru yang tergabung dalam PGRI berdoa bersama pada peringatan HUT ke-77 PGRI. (Foto: Prokopim For KalbarOnline.com)
Para guru yang tergabung dalam PGRI berdoa bersama pada peringatan HUT ke-77 PGRI. (Foto: Prokopim For KalbarOnline.com)

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyampaikan ucapan terima kasih kepada PGRI yang telah menganugerahkan penghargaan Dwija Praja Nugraha kepada dirinya. Ia pun menyatakan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak akan selalu berkomitmen untuk memperhatikan para guru dan sekolah-sekolah yang menjadi program prioritas dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

BACA JUGA:  Wako Pontianak Edi Pastikan Tanggung Biaya Operasi Teddy

“Infrastruktur sekolah seperti rehab gedung rutin dan berkala maupun membangun baru. Tahun ini kita akan resmikan SMPN 22 dan SD 34  dan SMPN 8 termasuk TK,” terangnya.

Momentum HUT PGRI ke-77 ini, Edi berharap para guru merefleksi diri berkaitan dengan arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengimplementasikan Program Merdeka Belajar. Ia berpesan agar para guru tetap semangat dalam mengabdi bagi kemajuan dunia pendidikan.

“Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang telah memberikan kemajuan dan peradaban bagi bangsa,” pungkasnya. (Jau)

Comment