Niken Berang Singkawang Disebut Destinasi Wisata Seks WNA di Indonesia

KalbarOnline, Singkawang – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kalimantan Barat, Niken Tia Tantina berang dengan pemberitaan salah satu media online nasional yang menyematkan Kota Singkawang sebagai salah satu daerah tujuan prostitusi Warga Negara Asing (WNA) di Indonesia.

Legislator dari dapil Singkawang – Bengkayang itu secara tegas membantah tudingan tersebut dan memastikan data yang dipublikasi salah alias tidak benar.

“Itu data yang disampaikan tidak benar dan sangat menyesatkan. Mewakili masyarakat Kota Singkawang, saya sangat menyayangkan pemberitaan tersebut,” ucap Niken saat dimintai pendapat oleh awak media, Senin (07/11/2022).

Niken menuturkan, pemberitaan tersebut telah merusak citra Kota Singkawang. Wakil Ketua Bidang Perempuan dan Anak DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat itu lantas mempertanyakan metode pengumpulan data yang digunakan media tersebut.

Baca Juga :  Gubernur Sutarmidji Bersama Mahasiswa dan Buruh Tolak Omnibus Law Cipta Kerja

“Kota Singkawang ini sudah berkali-kali meraih predikat sebagai kota paling toleran di Indonesia. Adanya berita ini telah merusak citra tersebut,” sergahnya.

“Data yang diperoleh itu juga tidak jelas sumbernya dari mana. Metode apa yang digunakan juga kita tidak tahu. Mungkin main copas (copy-paste, red) saja tanpa penelusuran lebih jauh,” tuturnya.

Niken pun meminta media untuk lebih profesional dalam menyajikan pemberitaan agar peristiwa serupa tidak kembali terulang di kemudian hari. Kota Singkawang, lanjut Niken, merupakan destinasi wisata berbasis alam dan budaya, bukan wisata prostitusi sebagaimana diberitakan.

Baca Juga :  Polisi Masih Buru 1 DPO, Wanita di Pusaran Kasus Kencan MiChat Berujung Penganiayaan di Pontianak

“Jangan karena pemberitaan ini, wisatawan jadi enggan untuk ke Kota Singkawang karena dicap sebagai tempat wisata prostitusi,” katanya.

“Karenanya, saya berharap media bisa profesional dalam menyajikan pemberitaan. Ada kode etik jurnalistik yang saya yakini semua media sudah memahaminya secara komprehensif,” pungkasnya.

Sebelumnya, pada salah satu media online nasional menuliskan berita berjudul “Daerah-daerah di Indonesia yang Ramai Prostitusi Warga Asing” pada 1 November 2022 lalu.

Dalam berita tersebut, Kota Singkawang disebut sebagai salah satu daerah yang menjadi tujuan hiburan malam bagi WNA. Namun, artikel tersebut pun sudah direvisi setelah mendapat keberatan dari Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI). (Jau)

Comment