Antisipasi Karhutla, Polres Ketapang Gelar Apel Gabungan Kesiapsiagaan

KalbarOnline, Ketapang – Polres Ketapang menggelar apel gabungan kesiapsiagaan bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di halaman Rumah Adat melayu Ketapang, Jalan Tentemak, Kelurahan Sukaharja, Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten Ketapang, Jumat (29/07/2022) pagi.

Apel yang dipimpin oleh Kapolres Ketapang, AKBP Yani Permana ini turut dihadiri oleh Dandim 1203 Ketapang, Letkol Inf Alim Mustofa, serta diikuti personil gabungan dari Polres Ketapang, Kodim 1203 Ketapang, Lanal ketapang, Brimob Kompi C Ketapang, BPBD Ketapang, Manggala Agni Ketapang serta Damkar Pemda Ketapang.

Dalam amanatnya, Kapolres Ketapang menyampaikan bahwa sinergitas antar instansi dalam mengantisipasi serta penanggulangan karhutla di wilayah Kabupaten Ketapang diperlukan dan ditingkatkan. 

Baca Juga :  Sinergitas TNI Dalam Pencegahan Dan Penanganan Karhutla di Wilayah Ketapang

“Sinergitas antar instansi dan lembaga dalam mengatasi karhutla wajib kita perkuat. Dan saya minta seluruh rekan-rekan yang terlibat dalam pelaksanaan apel ini untuk terus mengikuti perkembangan informasi cuaca, terutama potensi penyebaran titik api di wilayah Kabupaten Ketapang,” sampainya.

Selanjutnya, Kapolres Yani mengatakan, bahwa dalam waktu dekat pihaknya bersama BPBD dan Kodim Ketapang akan segera membangun pos pemantauan titik api di lokasi rawan karhutla, diantaranya seperti di Kecamatan Matan Hilir Selatan, Kecamatan Muara Pawan serta di Kecamatan Kendawangan.

Baca Juga :  Sinar Mas Agribusiness and Food Dukung Sosialisasi Pencegahan Karhutla di Kabupaten Ketapang

Kapolres berharap, dengan adanya persiapan personel gabungan dan sarana pendukung, maka pengendalian karhutla di wilayah Kabupaten Ketapang dapat terlaksana dengan baik.

“Langkah-langkah preemtif dan preventif sudah dilaksanakan melalui imbauan dari bhabinkamtibmas dan babinsa di setiap pelosok wilayah, melalui imbauan di media sosial serta media cetak serta pagelaran kesiapan personel dan sarpras, sehingga kita harapkan bersama pengendalian karhutla di wilayah Kabupaten Ketapang dapat berjalan dengan baik dan tepat sasaran,” tutup Kapolres. (Adi LC)

Comment