Peringati Hari Mangrove Sedunia, Lanal Ketapang Tanam Mangrove di Pulau Cempedak

KalbarOnline, Ketapang – Lahan di pesisir pantai Pulau Cempedak dimanfaatkan Lanal Ketapang untuk menanam pohon mangrove dalam rangka memperingati “Hari Mangrove Sedunia” yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia oleh TNI Angkatan Laut, Selasa, 26 Juli 2022.

Peringatan “Hari Mangrove Sedunia” yang dilaksanakan oleh TNI Angkatan Laut terpusat di Pantai Tanjung Pasir Tanggerang Provinsi Banten secara tatap muka dan virtual di 77 lokasi seluruh Indonesia dipimpin langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono dan dihadiri oleh pejabat Kementrian terkait.

Dalam sambutannya, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, penanaman mangrove secara serentak dilaksanakan oleh jajaran TNI Angkatan Laut di 77 lokasi wilayah Indonesia, sebagai upaya menyikapi sering terjadinya bencana alam, tanah longsor dan bencana banjir yang hampir terjadi di seluruh negara di bumi, maka sepatutnya instropeksi dan berbenah diri terhadap lingkungan, kita laksanakan bersama.

Baca Juga :  Gubernur Sutarmidji Serahkan Bantuan ke Sejumlah KUB Desa Sungai Kupah

Di lain tempat bersamaan dengan acara tersebut, penanaman mangrove yang dilaksanakan di desa binaan Lanal Ketapang Pulau Cempedak, Desa Kendawangan Kiri, Kecamatan Kendawangan dipimpin oleh Danlanal Ketapang Letkol Laut (P) Bambang Nugroho, M.Tr.Opsla dengan mengundang pejabat Forkopimda, didukung oleh IYARI dan WEBE serta yang paling menjadi apresiasi adalah dukungan penuh masyarakat Pulau Cempedak yang telah mencurahkan tenaga dan pikiran.

“2000 batang bibit pohon Mangrove ditanam secara bertahap oleh Pangkalan TNI AL Ketapang di Pulau Cempedak bersama-sama dengan masyarakat dan Forkopimda,” kata Danlanal.

Danlanal menyampaikan bahwa penanaman mangrove ini sudah tentu diketahui bersama manfaatnya, sangat banyak antara lain mencegah abrasi pantai dan sebagai tempat populasi ikan dan ekosistem laut lainnya, tambah Danlanal.

Danlanal berharap, hal yang sangat penting dan paling utama adalah bagaimana secara bersama-sama dapat memelihara tanaman mangrove ini sehingga dapat tumbuh dengan baik.

Baca Juga :  Aliansi Pencinta Alam Ketapang Tanam Ratusan Bibit Mangrove

“Kepada masyarakat dan aparat terkait, dengan tumbuh kembangnya pohon mangrove ini dapat kita wariskan kepada anak cucu dan keturunan kita nanti sehingga mereka nantinya dapat memperoleh dan merasakan manfaatnya,” harapnya.

Menutup sambutannya, Danlanal Ketapang mengucapkan terima kasih kepada seluruh unsur-unsur pemerintahan, ormas, LSM dan masyarakat serta awak media yang telah terlibat dalam membantu terlaksananya kegiatan ini baik langsung maupun tidak langsung, sehingga dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan.

“Seluruh kegiatan yang dilaksanakan ini sejalan dengan perintah harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut yang menyatakan bahwa jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi Institusi, masyarakat, bangsa dan negara,” pungkasnya.

Comment