Tema dan Logo Hari Pers Nasional 2022

KalbarOnline.comPeringatan Hari Pers Nasional akan dirayakan pada Rabu, 9 Februari 2022. Hari Pers Nasional (HPN) merupakan peringatan yang dilaksanakan setiap tahun di Indonesia, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang didasarkan pada Keputusan Presiden nomor 5 tahun 1985.

Hari Pers Nasional awalnya merupakan salah satu butir keputusan Kongres ke-28 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Kota Padang, Sumatera Barat pada tahun 1978. Keputusan itu berangkat dari kehendak masyarakat pers untuk menetapkan satu hari bersejarah untuk memperingati peran dan keberadaan pers secara nasional.

Pada sidang ke-21 Dewan Pers di Bandung tanggal 19 Februari 1981, kehendak tersebut disetujui oleh Dewan Pers untuk kemudian disampaikan kepada pemerintah sekaligus menetapkan penyelenggaraan Hari Pers Nasional.

Empat tahun setelah itu, tepatnya pada tanggal 23 Januari 1985, Presiden Soeharto melalui Keputusan Presiden nomor 5 tahun 1985 menyatakan bahwa pers nasional Indonesia mempunyai sejarah perjuangan dan peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila.

Oleh karenanya, Dewan Pers kemudian menetapkan Hari Pers Nasional dilaksanakan setiap tahun secara bergantian di ibu kota provinsi se-Indonesia. Penyelenggaraannya dilaksanakan secara bersama antara komponen pers, masyarakat, dan pemerintah khususnya pemerintah daerah yang menjadi tempat penyelenggaraan. Di mana, landasan ideal Hari Pers Nasional ialah sinergi. Sinergi antar komponen pers, antara komponen pers, masyarakat dan pemerintah, seperti tergambar pada untaian pita (umbul-umbul) yang membentuk huruf HPN.

Baca Juga :  Wapres Ingatkan Indonesia Punya Potensi Rentan Untuk Terpecah Belah

Tema Hari Pers Nasional 2022

Peringatan Hari Pers Nasional kali ini merupakan tahun kedua dilakukan dalam suasana pandemi Covid-19. Karena itu, seluruh rangkaian kegiatan, akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Terutama di Kendari, Sulawesi Tenggara sebagai tuan rumah pelaksanaan HPN tahun ini.

Atal S Depari selaku Ketua umum PWI Pusat yang juga Penanggung jawab HPN mengatakan, konsep acara menekankan pada tiga tujuan penyelenggaraan HPN yaitu berkontribusi kepada pembangunan di daerah, menyuarakan kepentingan nasional, dan membahas isu-isu strategis terkait kehidupan pers nasional.

Isu strategis nasional antara lain diisi kegiatan pelepasliaran Anoa dan gerakan penanaman mangrove yang menjadi bagian komitmen Indonesia dalam G20.

“Terkait kepentingan daerah, kami sampaikan harapan agar daerah tetap diberi kewenangan perizinan pertambangan. Isu pers dibahas di acara konvensi dua hari, yaitu keberlanjutan media, publisher right, dan kedaulatan digital yang juga isu nasional,” jelas Atal S Depari.

Baca Juga :  Jadi Tuan Rumah Konas Pesisir, Pj Gubernur Sambut Kunker Menteri KKP RI di Kalbar

Cara Download Logo Hari Pers Nasional 2022

Sedikitnya ada 40 rangkaian kegiatan dalam peringatan Hari Pers Nasional tahun 2022 ini, diantaranya konvensi media massa, seminar pariwisata bangkit, seminar energi dan pertambangan, seminar moneter dan fiskal, Workshop pendidikan jurnalistik, Diskusi Anugerah Jurnalistik Adinegoro, Klinik Penulisan Kebudayaan, bakti sosial dan lain-lain.

Seluruh kegiatan sebagian besar akan dipusatkan di Kendari, Sulawesi Tenggara. Khusus untuk agenda kegiatan yang berlangsung tertutup di dalam ruangan Hotel, akan menggunakan format hybrid yakni kombinasi antara luring (offline) dan daring (online).

Agar masyarakat dan insan pers bisa mengikuti seluruh rangkaian acara HPN, terutama di acara puncak yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo, panitia akan menyiapkan siaran langsung melalui streaming di Youtube berbagai kanal. Adapun link download logo Hari Pers Nasional tahun 2022 sebagai berikut:

LOGO HARI PERS NASIONAL 2022

Baca Juga: HPN 2021, Jokowi: Terima Kasih Insan Pers Indonesia

Baca Juga: Peringatan HPN 2021, Presiden Jokowi Apresiasi Peran Pers di Masa Pandemi COVID-19

Baca Juga: Tjhai Chui Mie Raih Anugerah Kebudayaan PWI di Peringatan HPN 2021

Comment