Petani Binaan CMI Panen Semangka Hingga Lima Ton

Petani Binaan CMI Panen Semangka Hingga Lima Ton

KalbarOnline, Ketapang – PT Cita Mineral Investindo Tbk (CMI) bersama petani binaan program CSR (Corporate Social Responsibility) berhasil melakukan panen raya semangka varietas Inul dan Amara dari lahan sekitar 0,4 hektar dalam jangka waktu dua bulan di Dusun Pesanggaran, Desa Karya Baru, Kecamatan Marau pada akhir Oktober 2021.

Para petani tersebut merupakan petani binaan program CSR CMI Site Air Upas melalui kegiatan pemberian bantuan bibit, pupuk, dan penyediaan sarana pemasaran.

Kasranudin, salah seorang petani binaan CSR CMI, menyampaikan sangat puas dengan hasil panennya.

“Cukup dalam waktu selama dua bulan, Alhamdulillah semangka kami sudah panen. Ini berkat dukungan dari pihak CSR CMI maupun Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) yang senantiasa memberikan dukungan dan pendampingan kepada kelompok kami,” kata Kasranudin.

Baca Juga :  Lagi, PT CMI Salurkan Dana CSR di Bidang Pendidikan

Kasranudin menjelaskan, semangka varietas Inul dan Amara ini merupakan semangka non biji, yang dapat dijual dan dibeli kepada pelelang masing-masing seharga Rp5.000/kg dan Rp5.500-Rp6.000/kg.

Sementara Camat Marau dan Koordinator Penyuluh Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) beserta stafnya yang hadir pada saat panen raya dilaksanakan, merasa bangga atas pencapaian tersebut.

“Kami sangat senang dan bangga, dapat melakukan panen raya perdana buah semangka hasil dari kelompok tani disini dan kami berharap ini juga dapat menjadi contoh untuk masyarakat agar ke depannya terbentuk kelompok tani dengan komoditas unggulan lainnya,” kata selaku Camat Marau Jhon Hendri PP Girsang.

Baca Juga :  Wakil Bupati Sekadau Panen Perdana Sawi di Kebun Kelompok Tani Darussalam

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada CMI terutama tim CSR atas kepeduliannya kepada kelompok tani melalui program CSR-nya yang telah memberikan dukungan kepada kelompok tani di wilayah operasionalnya,” katanya lagi.

Sementara Manager CSR CMI Agustinus merasa bangga atas semangat dan ketekunan kelompok tani ini sehingga budidaya tanaman semangka ini berhasil. Hal ini merupakan modal utama dalam membangun kelompok binaan yang mandiri.

“Ke depannya kami berharap kelompok tani ini juga menjadi mandiri dan bahkan harapan kita kelompok tani ini dapat menjadi pemacu semangat untuk terbentuknya kelompok-kelompok tani yang lain. Perusahaan tentu akan selalu memberikan pendampingan serta dukungan kepada mereka,” katanya.

Comment