Waterfront Sungai Kapuas Dongkrak Perekonomian Warga

Waterfront Sungai Kapuas Dongkrak Perekonomian Warga

Ubah Sungai Kapuas Jadi Wajah Depan Kota

KalbarOnline, Pontianak – Penataan beserta peningkatan infrastruktur di kawasan waterfront menjadi motor penggerak dalam meningkatkan perekonomian warga sekitar. Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menilai keberadaan waterfront dan promenade secara tidak langsung ikut menunjang perekonomian masyarakat sebab kawasan itu memiliki potensi alam Sungai Kapuas yang menjadi daya pikat orang berkunjung ke sana.

Meskipun secara langsung dikatakannya tidak berdampak signifikan terhadap perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD), tetapi secara tidak langsung akibat dari pertumbuhan perekonomian masyarakat di sana dimana pedagang kaki lima pendapatannya meningkat, maka hal itu berdampak pada usaha lainnya.

Baca Juga :  LAPAN Integrasikan Informasi Cuaca ke Aplikasi Gencil

“Termasuk wisatawan yang berkunjung ke Pontianak yang tentunya akan menginap di hotel-hotel di Kota Pontianak,” ungkapnya, Minggu, 19 September 2021.

Edi menambahkan, pihaknya akan menata ulang kawasan ini menjadi potensi wisata budaya dengan waterfront yang ada di pinggir Sungai Kapuas. Penataan sepanjang pinggiran Sungai Kapuas dinilainya memiliki nilai plus untuk mengangkat potensi wisata di Kota Pontianak.

“Karena viewnya indah, termasuk kehidupan masyarakat yang berada di sepanjang pinggir Sungai Kapuas,” ucapnya.

Dirinya berpendapat, penataan beserta peningkatan infrastruktur di kawasan waterfront menjadi motor penggerak  meningkatkan perekonomian warga sekitar. Saat ini pihaknya tengah membangun waterfront mulai dari Kapuas Indah hingga Pelabuhan Senghie.

Pembangunan itu ditargetkan rampung pada tahun 2022. Dengan dibangunnya waterfront tersebut, dia yakin akan merubah wajah kawasan pinggir Sungai Kapuas menjadi daya tarik untuk dikunjungi.

Baca Juga :  Momen Istimewa Pj Wali Kota Pontianak Serahkan Lukisan Ampas Kopi ke Presiden Jokowi

“Serta lebih rapi dan tertata,” imbuh Edi.

Penataan kawasan itu akan menonjolkan konsep waterfront dengan promenadenya. Selanjutnya, bangunan-bangunan yang ada di lokasi tersebut bisa menyesuaikan dengan keberadaan waterfront nantinya.

“Baik itu konstruksinya maupun bentuk serta fungsinya sehingga bisa menunjang keberadaan waterfront,” jelasnya.

Bangunan-bangunan yang ada di sepanjang waterfront tersebut diharapkannya bisa menyesuaikan dengan membuat bagian belakang menghadap ke sungai menjadi muka bangunan.

“Dengan begitu tampilan bangunan di sepanjang waterfront akan lebih menarik, ditambah lagi adanya penghijauan,” pungkasnya. (J)

Comment