Tito Karnavian Akui Meski Masih Muda Listyo Punya Pengalaman Mumpuni

KalbarOnline.com – Kepala Bareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sudah ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon Kapolri tunggal menggantikan Idham Azis yang sudah memasuki masa pensiun. Mantan Kapolri Tito Karnavian mengucapkan selamat kepada koleganya tersebut.

Dia mengakui, Listyo memiliki kinerja yang sangat baik. Seperti salah satunya pada saat menjabat sebagai Kapolda Banten.

“Pada saat Kapolda Banten cukup lama ya 2 tahun. Situasi Banten, saya lihat tenang, cool, dan kinerja yang sangat baik selama di Polda Banten. Saya kira semua bisa menyaksikan,” ujar Tito di Gedung DPR, Jakarta, Senin (18/1).

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) itu yakin, pengalaman yang sangat banyak itulah yang menjadikan Listyo dipercaya menjadi calon Kapolri tunggal pilihan Presiden Jokowi. “Kemudian yang kedua saat Kadiv Propam juga, beliau sangat membantu saya dan sangat mendukung, terutama dalam rangka untuk mengawasi kinerja anggota, dan itu juga dilakukan dengan sangat baik. Ditambah dengan pengalaman beliau sebagai Kabareskrim dalam waktu yang juga lumayan panjang satu tahun lebih, yang semua kita menyaksikan bagaimana kinerja beliau,” katanya.

Baca Juga :  Divaksinasi Maret-April, Pemerintah Jamin Keamanan Vaksin Untuk Lansia

Tito menilai, meskipun masih terbilang muda untuk menjadi calon Kapolri tunggal, namun Listyo memiliki pengalaman yang mumpuni untuk menjalankan amanah tersebut. “Sehingga saya merasa bahwa Pak Sigit meskipun berusia muda tapi matang. Sudah cukup matang di pengalaman di kewilayahan, pengalaman di bidang Serse, Kabareskrim. Jabatan yang sangat strategis di Polri,” tuturnya.

“Saya kira dengan segala pengalaman itu, ditambah dengan pribadi beliau yang saya sangat paham. Pribadi yang santun, pribadi yang merangkul, termasuk kemampuan beliau merangkul semua pihak senior-junior, kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik,” ungkapnya.

Baca Juga :  TPN Ganjar-Mahfud: Ekonomi Biru Belum Serius Digarap Jokowi

Sebelumnya, Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan, Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi calon tunggal yang diusulkan Presiden Jokowi kepada parlemen ini. “Bahwa Surpres telah kami terima dari Bapak Presiden yang mana Bapak Presiden menyampaikan usulan pejabat Kapolri yang akan datang dengan nama tunggal yaitu bapak Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat Kabareskrim di Polri,” kata Puan.

Nantinya, DPR akan segera memproses dan menggelar uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri tersebut. “Setelah hari ini terhitung 20 hari kedepan, kami DPR akan memproses pelaksanaan mekanisme DPR dalam mengusulkan dan memberikan persetujuan atas calon tunggal Kapolri yang akan datang yaitu Listyo Sigit Prabowo,” ungkapnya.

Comment