Kunci Agar Anda dan Mobil Kesayangan Tetap Prima Usai Liburan

KalbarOnline.com – Beberapa hal yang harus dilakukan usai liburan panjang saat tahun baru terkait mobil Anda, agar kondisinya tetap nyaman bisa digunakan dalam beraktivitas normal. Biasanya saat digunakan liburan, mobil kesayangan Anda pasti menempuh perjalanan cukup panjang dan melelahkan.

Belum lagi bila terkena macet di jalan, ini akan menambah beban berat kerja mesin. Sebaiknya lakukan langkah berikut ini untuk memastikan mobil kesayangan siap untuk dipakai kembali.

Cek Ban

Jangan diremehkan hal yang satu ini, karena kerap diremehkan. Ban harus siap menerima berbagai kondisi jalan yang dilalui saat berlibur, belum lagi saat liburan mobil diisi penuh penumpang dan barang bawaan.

Oleh karenannya wajib periksa tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan. Perhatikan pula kondisi telapak dan dinding ban, serta bibir velg mobil. Bila ada yang mencurigakan, segera bawa ke bengkel untuk pengecekan lebih lanjut. Selain itu jangan lupa periksa ban cadangan.

Periksa Oli Mesin

Kinerja mesin sangat ekstra ketika diajak liburan, dipastikan butuh pelumas yang sanggup melindungi mesin dari gesekan antar komponen agar mesin bisa bekerja secara optimal.

Baca Juga :  Modifikasi Honda Civic Nouva Lawas Manfaatkan Teknologi 3D Printing

Pastikan volume oli mesin sesuai takaran, lalu perhatikan juga warnanya. Jangan sampai berubah menjadi keruh, hitam pekat, atau seperti tercampur air.

Waspada Kolong Mobil

Lakukan pengecekan shock absorber dari kebocoran, termasuk karet-karet penyangga yang ada di sekitarnya dari potensi getas dan robek. Waspada kebocoran dengan melihat kondisi selang rem.

Untuk rem cakram bisa melihat langsung kondisi kampas rem. Sedangkan rem teromol, waspadai kebocoran dengan memperhatikan dinding teromol rem. Mobil yang masih menggunakan power steering hidrolis dapat mengecek potensi kebocoran. Periksa bagian lain di kolong mobil untuk memastikan tidak ada potensi masalah.

Mesin

Bersihkan mesin dengan menggunakan kain lap basah. Dengan begitu, bisa terlihat jika ada kebocoran atau kerusakan lainnya. Posisikan kunci kontak di ON dan lihat indikator di panel instrumen apakan ada masalah.

Bila tidak ada, lanjutkan dengan menyalakan mesin lalu dengarkan bila ada suara aneh terdeteksi langsung bawa kebengkel resmi.

Baca Juga :  Mulai 2035, California Larang Mobil Baru Berbahan Bakar Miny

Cairan di Ruang Mesin

Jangan lupa cek air radiator dan tabung penyimpan cadangan air radiator. Perhatikan ketinggian tabung penyimpan minyak rem dan pembersih kaca depan. Periksa volume tabung fluida kopling untuk mobil transmisi manual.

Cek ketinggian air aki serta bersihkan permukaan terminal aki dan tutup pengisi jika terjadi pengapuran. Lanjut cek volume minyak power steering hidrolis dan pastikan freon AC dalam kondisi penuh.

Bersihkan Kabin dan Bagasi Mobil

Pastikan seluruh bagian mobil dicuci bersih, mulai dari bodi, kolong mobil, ruang mesin, hingga kabin dan bagasi. Kabin dan bagasi harus memperoleh perhatian lebih mengingat dipakai sebagai tempat duduk penumpang dan menyimpan barang.

Pastikan tidak ada kotoran tersisa untuk menjaga keresikan kabin. Anda juga bisa menyemprotkan bahan disinfektan untuk membunuh bakteri, virus, dan kuman. Semoga tips ini bermanfaat dan tetap selalu jaga kesehatan.

Comment