Hari Pertama Arus Balik Libur Natal, 125 Ribu Kendaraan Menuju Jakarta

KalbarOnline.com – PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 125.217 kendaraan menuju Jakarta pada hari pertama arus balik libur Natal. Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas dari beberapa Gerbang Tol (GT) yakni GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama, GT Cikupa dan GT Ciawi.

“Total volume lalin yang menuju Jakarta ini turun 2,2 persen jika dibandingkan lalin new normal,” kata Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero), Dwimawan Heru dalam keterangannya, Minggu (27/12).

Dwimawan menyampaikan, distribusi lalu lintas menuju Jakarta dari ketiga arah mayoritas sebanyak 48,96 persen dari arah Timur, 29,84 persen dari arah Barat dan 21,19 persen dari arah Selatan.

Baca Juga :  Industri Otomotif Mulai Rebound, APM Pacu Layanan Purnajual

Dwimawan menjelaskan, dari arah timur GT Cikampek Utama 2, dengan jumlah 33.936 kendaraan menuju Jakarta, naik sebesar 10,0 persen dari lalin new normal. Sementara itu, GT Kalihurip Utama 2, dengan jumlah 27.373 kendaraan menuju Jakarta, turun sebesar 13,2 persen dari lalin new normal.

“Total kendaraan menuju Jakarta dari arah Timur adalah sebanyak 61.309 kendaraan, turun sebesar 1,7 persen dari lalin new normal,” ujar Dwimawan.

Lalin menuju Jakarta dari arah barat melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebesar 37.370 kendaraan, turun sebesar 7,6 persen dari lalin new normal.

Sementara itu, jumlah kendaraan yang menuju Jakarta dari arah selatan atau lokal melalui GT Ciawi 2 Jalan Tol Jagorawi sebanyak 26.538 kendaraan.

Baca Juga :  PP 109/2012 Harus Segera Diamandemen

“Naik sebesar 5,5 persen dari lalin new normal,” beber Dwimawan.

Dwimawan mengimbau, kepada pengguna jalan tol agar dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Diantaranya, pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan yakni menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak saat berada di tempat istirahat, isi BBM dan saldo uang elektronik yang cukup.

“Serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas serta istirahat jika lelah berkendara,” pungkasnya.

Informasi lalu lintas di seputar jalan tol dapat diakses melalui Call Center 24 jam di nomor 14080.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment