Kasus Aneh di India, Keluhkan Gejala Covid-19, Hasil Tes Swab Negatif

KalbarOnline.com – Sejumlah kasus aneh terjadi di India. Beberapa ahli dan dokter heran dengan hasil tes beberapa warga India yang hasilnya negatif saat diswab. Tapi ternyata, sebelumnya sempat memiliki riwayat virus Korona dan mengalami gejala Covid-19 berkepanjangan.

Menurut laporan Times of India, kasus-kasus baru muncul dengan gejala pasca Covid-19. Tapi yang mengejutkan mereka tidak pernah positif saat dites Covid-19. Sesuai laporan, orang-orang tersebut mengalami gejala pasca Covid-19 seperti sesak napas, lelah, dan batuk kering.

  • Baca juga: Kasus Aneh di Australia, Anak Kebal Covid-19 Meski Virus Korona Masuk
Baca Juga :  Donald Trump Ngotot Kerja, Pegawai Pilih WFH

Sesuai laporan tersebut, banyak pasien memiliki riwayat demam atau batuk dan mereda dalam satu atau dua hari. Tapi mungkin mereka abaikan gejala itu seperti dilansir dari Economic Times, Selasa (24/11).

Seorang pasien seperti itu, menurut laporan para dokter, telah melakukan perjalanan ke kota-kota peziarah termasuk Varanasi, India. Mereka mengalami demam ringan selama beberapa hari.

Sesuai laporan, saat dokter melakukan tes PCR, pasien-pasien itu negatif. Namun, pasien yang sama kemudian dinyatakan positif tapi harus melalui tes antibodi. Hasil tes menunjukkan mereka sempat tertular atau punya riwayat Covid-19.

Baca Juga :  India Larang Impor Produk IPhone, Xiaomi, dan Oppo Buatan Tiongkok

Menurut laporan itu, RT-PCR bisa negatif, tetapi CT scan bisa menunjukkan ciri-ciri seperti Covid-19. Misalnya sisa Covid-19 ringan yang menyebabkan respons kekebalan dan ketidakjelasan gejala di paru-paru. Kondisi ini membenarkan asumsi dokter bahwa orang-orang ini sebetulnya telah tertular Covid-19 lebih awal.

India saat ini adalah negara kedua yang paling terkena dampak Covid-19 dengan 7,76 juta kasus Coronavirus yang dilaporkan hingga Selasa (24/11). Bahkan kasus di India bisa saja lebih besar dari angka yang tercatat.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment