Dominasi Total, dari Tujuh Seri Awal, Lewis Hamilton Juara Lima Kali

KalbarOnline.com – Pembalap Mercedes AMG-Petronas Lewis Hamilton mengakhiri penantian berpesta di GP Belgia tadi malam (30/8).

Setelah kemenangannya di Sirkuit Spa-Francorchamps pada 2017, Hamilton tak pernah naik podium teratas. Dua musim terakhir podium itu menjadi milik pembalap Ferrari, Sebastian Vettel dan Charles Leclerc.

Kemenangan di GP Belgia membuat pembalap asal Inggris itu mendominasi perjalanan musim ini. Dalam tujuh seri awal, Hamilton sudaah naik panggung dan menempati podium teratas lima kali.

Dominasi Mercedes di GP Belgia itu terlihat dari posisi satu dan dua diisi oleh Hamilton dan Valtteri Bottas. Sedangkan Max Verstappen dari Red Bull menyusul untuk melengkapi podium ketiga.

Hamilton menyebut balapan tadi malam tidak berlangsung mudah. Meskipun pada kenyataannya dia unggul jauh, 8,448 detik di depan Bottas. “Aku sedikit gugup jika kami akan menghadapi situasi serupa seperti di Silverstone,” kata Hamilton seperti dilansir Sky Sports.

  • Baca Juga: Banyak Orang Kehilangan Kerja, Hamilton Tak Nyaman Perpanjang Kontrak
Baca Juga :  No 1 Indonesia Catat Rekor Pertandingan Terlama dalam Sejarah Nasional

Hasil tadi malam merupakan kemenangannya yang ke-89 dalam karirnya.

Bottas kehilangan momentum saat start balapan dan pasca red flag gara-gara ada kecelakaan hebat yang menimpa pembalap Alfa Romeo Antonio Giovinazzi pada lap kesebelas.

Pembalap Williams George Russell menghantam roda mobil Giovinazzi dan membuat Russell menghantam dinding pembatas lintasan.

“Aku tidak bisa mengejar dia (Hamilton) di lintasan lurus,” keluh Bottas.

Menurutnya, Hamilton tampil tanpa kesalahan pada GP Belgia tadi malam.
Sedangkan Verstappen mengakui sulit untuk mengejar duo pembalap Mercedes yang ada di depannya.

“Kami akan menantikan (balapan) di Monza, mari kita lihat bagaimana hasilnya,” sebutnya.

Baca Juga :  Top 50 Petinju Terhebat Dunia: Canelo No 1, Monster KO Jepang No 4

Di luar posisi tiga besar, Daniel Ricciardo turut memberikan kejutan. Perlawanan pembalap andalan Renault itu terlihat jelas sejak sesi kualifikasi Sabtu malam.

Kemarin, dia finis keempat dan mencetak fastest lap 1 menit 47,483 detik. Hasil tersebut memberikannya tambahan satu poin atas aksinya di Spa-Franchorchamps.

Terpisah, performa Ferrari kembali jeblok pada GP Belgia tadi malam. Bahkan Leclerc dan Vettel harus pulang dari Stavelot tanpa raihan satupun poin. Kemarin Leclerc finis ke-15, sedang Vettel lebih baik yakni finis dua strip di atasnya.

Sementara itu, bintang McLaren Carlos Sainz Jr harus keluar dari balapan lebih cepat. Dia mengalami masalah teknis menjelang start balapan. Hasil tersebut membuat pembalap Spanyol itu menanti lebih lama untuk bisa mendapatkan hasil maksimal musim ini.

Comment