by

Mobil Manual Pedal Kopling Sering Bergetar, Ini Penyebab dan Solusinya

KalbarOnline.com – Sebaiknya hal ini harus diketahui untuk pengguna kendaraan dengan transmisi manual yang menggunakan pedal kopling. Seperti diketahui keberadaan kopling  sebagai syarat untuk memindahkan gigi percepatan pada transmisi.

Setiap kali perpindahan gigi tentu harus menginjak pedal kopling, sehingga plat kopling dan perangkat pendukungnya bekerja cukup ekstra. Apalagi mobil yang sering digunakan pada jalur yang macet, dimana kerap kali menginjak – melepas pedal kopling. Pada kondisi lain seperti di jalur tanjakan yang macet, biasanya juga akan memforsir kinerja dari plat kopling dan cover kopling (pressure cluth). Jika terlalu sering digunakan dengan cara yang kurang tepat, hal ini dapat mempengaruhi umur plat kopling.

Salah satu keluhan pada kopling antara lain pedal kopling yang bergetar, hal ini dapat dirasakan ketika lepas pedal kopling pada saat awalan mobil mulai bergerak. Disinilah beban yang paling berat pada kopling. Namun saat perpindahan gigi ketika mobil sedang berjalan, getaran di pedal kopling cenderung berkurang atau bahkan hilang sama sekali. Ini tergantung dari kondisi kerusakan yang ada di kopling dan perangkatnya.

Bergetar pada pedal kopling akan mengurangi kenyamanan pengguna dan dapat mempercepat kelelahan pada kaki pengemudi. Jika dibiarkan secara terus menerus dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Ada beberapa penyebab komponen yang dapat menyebabkan pedal kopling bergetar yaitu:

Pertamana, permukaan fly wheel yang tidak rata, sehingga saat berputar dan bersinggungan dengan plat kopling tidak bergesekan dengan seluruh permukaannya. Kedua pegas dari matahari (cover clutch) yang sudah melemah, sehingga saat ditekan secara mekanisme oleh pedal kopling, menyebabkan getar yang merambat sampai di pedal koplingnya.

Ketiga, pegas di plat kopling yang sudah merenggang atau melemah sehingga saat plat kopling bekerja tidak dapat diredam oleh pegas plat kopling dan menyebabkan getaran. Dan yang keempat kekencangan baut pada cover clucth yang tidak merata sehingga saat behubungan dengan plat kopling dapat menyebabkan getaran terutama saat pedal kopling sedang diinjak.

Solusi yang perlu dilakukan bila Anda sudah merasakan getaran pada pedal kopling yang membuat tidak nyaman adalah harus membongkar komponen kopling. Caranya melepas terlebih dahulu transmisi / persneling, setelah itu baru akan terlihat plat koplingnya.

Kemudian lakukan pengecekan pada pegas dari plat kopling dan cover clutch, jika sudah lemah atau kendor sebaiknya lakukan penggantian pada komponen tersebut. Lalu pengecekan kerataan dari permukaan fly wheel, jika sudah tidak rata, bisa lakukan presisi ulang dengan cara dibubut atau diganti dengan komponen yang baru.

Penggantian komponen kopling, sebaiknya dilakukan secara bersamaan (1 set) karena komponen kopling saling berhubungan antara satu dengan lainnya. Jadi jika salah satu komponen ada yang lemah ataupun rusak, komponen yang lainpun sudah mulai rusak atau melemah. Silahkan mencoba.

Comment

News Feed