Ketua MPR Bamsoet Ingatkan Semangat Kenegarawanan

KalbarOnline.com – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran secara langsung Presiden dan Wakil Presiden RI dalam penyelenggaraan Sidang Tahunan MPR 2020.

Setelah dibuka oleh Bamsoet, Sidang tahunan MPR ini dilaksanakan dengan agenda ‘Pidato Presiden Dalam Rangka Penyampaian Laporan Kinerja Lembaga-Lembaga Negara’, yang digelar di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (14/8).

“Rasa syukur yang mendalam juga patut kami persembahkan, di tengah keprihatinan kita bersama menghadapi bencana nasional pandemi COVID-19 yang berdampak luas terhadap berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, kita masih dapat melaksanakan agenda penting kenegaraan Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD, meskipun dengan segala kesederhanaan dan keterbatasan,” ujar Bamsoet, Jumat (14/8).

Namun, lanjut Bamsoet, segala keterbatasan tersebut tidak akan mengurangi semangat kenegarawanan semua untuk terus bergotong royong, membangun kebersamaan, dan persatuan di atas pondasi nilai-nilai luhur bangsa.

Baca Juga :  Gadis Bawah Umur Asal Medan Diduga Jadi Korban Penganiayaan Majikan di Malaysia

“Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD NRI Tahun 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara,” ungkap Bamsoet.

Adapun pada kegiatan kali ini, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bersama Presiden RI Joko Widodo yang mengenakan busana adat suku Sabu NTT, Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin, Ketua DPR RI Puan Maharani dan Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, tepat pukul 9.00 WIB memasuki Ruang Sidang Paripurna.

Setelah menyanyikan lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’ yang diiringi musik dari Gita Mahaswara Orchestra, tepat pukul 09.03, Ketua MPR sebagai Pimpinan Sidang membuka secara resmi Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD Tahun 2020, sekaligus memberikan pidato pengantar sidang.

Hadir juga di ruang sidang para Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Ahmad Muzani, Lestari Moerdijat, Jazilul Fawaid, Syariefuddin Hasan, Zulkifli Hasan, Arsul Sani, Fadel Muhammad dan Hidayat Nur Wahid yang hadir secara virtual serta 161 anggota MPR yang hadir secara fisik dan 274 anggota secara virtual.

Baca Juga :  Cegah Covid-19, Hasto Ingatkan Jangan Lupa Ganti Pakaian

Sidang tersebut juga dihadiri para Menteri Kabinet Kerja, Panglima TNI, Kapolri, para Pimpinan lembaga-lembaga negara DPR, DPD, BPK, MA, MK, KY dan para tamu kehormatan yang hadir secara virtual antara lain Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno, Wakil Presiden ke-9 Hamzah Haz dan Wakil Presiden ke-11 Boediono.

Para Pimpinan parpol juga turut serta pada kegiatan kali ini antara lain, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Comment