Geogle People Card: Cara Baru Search People

Pernah mencoba mengetik nama Anda di mesin pencari Google? Kecuali Anda seorang figur publi, tokoh terkenal, hasil yang keluar paling-paling cuma beberapa postingan Anda di media sosial, atau sederet nama orang lain, yang bernama sama atau mirip-mirip nama Anda. Kini Google ingin mengubah itu, membuat nama dan profil Anda muncul dengan lengkap saat nama Anda dimasukkan ke mesin pencari.

Google telah membuat fitur baru. Namanya “People Card”, yang membuat profil Anda muncul dalam hasil Google Search ketika nama Anda dimasukkan di mesin pencari. Lengkap dengan informasi pekerjaan Anda, lokasi atau alamat, pengalaman kerja, nomor telepon, alamat email dan lain-lain.

Dalam blog resminya, Google mengatakan, fitur ini semacam virtual visiting card, kartu kunjungan virtual, di mana Anda dapat meng-hightlight website atau profil lain agar orang lain melihatnya, dan informasi lain tentang diri Anda yang Anda ingin orang lain tahu. Fitur ini, berguna bagi mereka yang ingin “memasarkan” dirinya, untuk mencari pekerjaan atau menjalin kerjasama bisnis.

Baca Juga :  Oppo A33, Ponsel Rp 2 Jutaan dengan Layar 90 Hz

Membuat “People Card” sangat mudah. Cukup masuk ke akun Google dan kemudian cari nama Anda. Atau, tulis “add me to Search” pada Google Search Bar. Di situ nanti akan muncul semacam lembar data yang harus diisi. Semakin banyak informasi diri yang dimasukkan, semakin mudah orang lain menemukan Anda, begitu kata Google.

Begitu Anda selesai memasukkan data diri, maka People Card Anda sudah tersedia bagi semua orang. Ketika nama Anda dimasukkan dalam mesin pencari, maka akan muncul modul yang berisi nama, profesi, dan lokasi Anda. Tap modul untuk melihat informasi lebih detil. Mungkin akan muncul lebih dari satu modul, karena juga akan ditampilkan profil dari orang yang bernama sama.

Baca Juga :  ADVAN G9 Pro Punya RAM 6GB Harga IDR1,5 Jutaan Cocok Untuk Gaming, Ini Fitur Andalannya!

Setiap orang bisa membuat People Card. Namun satu Akun Google hanya bisa membuat satu People Card. Nomor telepon diperlukan untuk memastikan akun tersebut otentik. Bila suatu hari Anda tak lagi ingin profil Anda muncul di Google Search, People Card bisa dihapus kapan saja.

Amankah People Card? Menurut keterangan Google, mereka punya sederet mekanisme untuk melindungi pengguna dari penyalahgunaan data profil dan spam. Namun tak disebutkan detil mekanisme perlindungan tersebut. Saat ini People Card baru tersedia untuk pengguna di India, dan hanya berbahasa Inggris. Belum tahu, kapan fitur ini bakal diluncurkan untuk pengguna seluruh dunia.

The post Geogle People Card: Cara Baru Search People appeared first on KalbarOnline.com.

Comment