Pesawat Tempur TNI AU Tergelincir di Lanud Madiun, 2 Pilot Selamat

KalbarOnline.com – Pesawat tempur milik TNI AU jenis T-50 Golden Eagle mengalami kecelakaan di Lanud Iswahjudi, Madiun, Jawa Timur pada Senin (10/8) sekitar pukul 13.00 WIB. Pesawat tergelincir keluar runway saat hendak take off.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama Fajar Andriyanto membenarkan peristiwa ini. Dia menyebut pesawat tergelincir saat latihan terbang.

Baca Juga :  Respons AS Terkait Aktivitas Militer Tiongkok di Laut China Selatan

“Itu pesawat dalam rangka latihan normal, sehari-sehari, nah saat akan take off keluar landasan,” kata Fajar saat dihubungi wartawan.

Dia menerangkan, pesawat tersebut dipiloti oleh salah seorang siswa penerbangan TNI AU. Sedangkan di kursi belakang terdapat seorang instruktur yang mendampingi. Keduanya dipastikan selamat, dan hanya mengalami luka ringan.

“Selamat dua-duanya, dan sekarang sedang di rawat di rumah sakit, itu prosedur, nah ini kita lihat itu ada luka-luka ringan,” jelasnya.

Baca Juga :  Tingkatkan Angka Kesembuhan, Produksi Obat Covid-19 Harus Dikebut

Di sisi lain, pesawat mengalami kerusakan parah akibat tergelincir. Sampai saat ini belum diketahui pasti penyebab kecelakaan ini.

“(Pesawat) rusak berat, nanti dalam investigasi penyebabnya apa, pilotnya sedang dirawat,” pungkas Fajar.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment