Lewat Strategi Ban yang Sangat Jitu, Verstappen Hancurkan Mercedes

KalbarOnline.com – Grand prix memperingati hari jadi ke-70 Formula 1 di Sirkuit Silverstone kemarin menjadi milik pembalap Red Bull Max Verstappen. Mengawali balapan dari posisi keempat, pembalap Belanda itu sukses menaklukkan duo Mercedes, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas, melalui strategi ban yang jitu.

’’Kami melakukan semuanya dengan sempurna kali ini,’’ ucap Verstappen seperti dilansir Autosport. Dia memulai balapan sebagai satu-satunya pembalap di jajaran 10 besar yang memasang ban hard.

Strategi tersebut sangat tepat. Sebab, duo Mercedes yang sama-sama memasang ban medium mulai bermasalah dengan ban mereka saat balapan baru memasuki lap ke-10. Bottas sudah melakukan pit stop pertama pada lap ke-13. Sementara itu, Hamilton menyusul satu lap kemudian.

Baca Juga :  Dihajar Sadis, Mata Memar dan Tak Bisa Melihat, Wasit Hentikan Duel

Verstappen bertahan sampai lap ke-26 sebelum melakukan pit stop pertama. Saat itu dia berpindah menggunakan ban medium. Dengan komposisi ban yang lebih fresh, Verstappen mampu berakselerasi dengan apik dan terus menempel ketat pergerakan Bottas maupun Hamilton.

Pada lap ke-32, Verstappen akhirnya mengambil pit stop sekali lagi untuk mengganti ban kembali ke hard. Bottas saat itu juga masuk pit stop. Itulah pit stop terakhir Verstappen yang sekaligus mengantarnya meraih kemenangan perdana musim ini.

Baca Juga :  Banyak Orang Kehilangan Kerja, Hamilton Tak Nyaman Perpanjang Kontrak

Hamilton mengambil pit stop terakhir pada lap ke-41.

Verstappen menyentuh finis pertama dengan jauh meninggalkan pesaing-pesaingnya. Hamilton yang meraih posisi runner-up terpaut 11,326 detik. Bottas yang membuntuti di podium ketiga finis terpaut 19,231 detik dari Verstappen. Posisi keempat menjadi milik Ferrari melalui Charles Leclerc (+29,289 detik).

’’Aku tidak pernah menyangka ini bisa terjadi,’’ kata Verstappen sebagaimana dilansir Motorsport. ’’Setelah pit stop pertama, aku mulai merasa kami memiliki performa ban yang sangat baik. Sejak itu kami terus menyerang. Tidak banyak masalah terkait ban. Ini hasil yang luar biasa,’’ ucapnya.

Comment