Video: Kompak Bernyanyi di Balkon, Warga Italy Saling Support Ditengah ‘Lockdown’

KalbarOnline.com – Italy menjadi salah satu negara Eropa dengan kasus corona terbilang tinggi. Setidaknya ada 17.660 kasus dan 1.266 kematian di Italy tercatat hingga Jumat, (13/3/2020). Imbasnya, pemerintah memberlakukan ‘lockdown’ total yang berakibat lumpuhnya aktivitas warga.

Nah, mengusir rasa bosan karena karantina ini sekaligus sebagai kritikan terhadap kebijakan ‘lockdown’ oleh pemerintah, warga Italy satu sama lain memberikan dukungan. Mereka menyanyikan lagu-lagu patriotik dari balkon mereka.

Dukungan kepada warga juga disampaikan Angkatan Udara Italy yang melakukan aksi flashmob menarik menggunakan pesawat. (Video di bawah ini). Angkatan Udara Italy menyampaikan bahwa mereka akan selalu ada untuk warga, memberikan dukungan kepada warga ditengah situasi darurat seperti sekarang ini.

Di sisi lain, penduduk di kota Milan, dekat episentrum utara krisis hingga ke ibukota Roma, Napoli, dan Palermo di selatan, viral di media sosial menyanyikan lagu kebangsaan atau lagu-lagu populer selama beberapa hari terakhir ini. Mereka nampak berdiri di balkon dan ada juga yang sambil bersandar di jendela menyanyikan lagu-lagu yang menurut mereka bisa mengusir rasa bosan.

Pada Sabtu, (14/3/2020) siang waktu setempat misalnya, warga nampak kompak bergerak ke sisi balkon sambil memberikan tepuk tangan meriah kepada para dokter dan perawat yang bekerja di garis depan krisis.

Baca Juga :  Donald Trump Menyerahkan Diri ke Penjara Fulton Tapi Bebas 20 Menit Kemudian

Di sisi lain, para selebriti negara tersebut tidak henti-hentinya mengkampanyekan agar warga tetap tinggal di rumah dan mencuci tangan secara teratur, sebagai antisipasi terinfeksi corona. Pemerintah dan tokoh-tokoh publik terkemuka juga berusaha meyakinkan publik, bahwa corona bisa diatasi.[asa]

Comment