Dewan Kubu Raya : Manajemen Koperasi dan UMKM Harus Jeli

KalbarOnline, Kubu Raya – Dalam rangka meningkatkan manajemen koperasi, kebijakan harus didasari dengan penanganan manajemen yang handal untuk bertujuan meningkatkan taraf pendapatan ekonomi dari anggota koperasi.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Kubu Raya, Suprapto saat menghadiri Rapat Koordinasi Pembangunan Sektor Sektor Perkoperasian, Usaha Mikro, Perdagangan, dan Perindustrian se-Kabupaten Kubu Raya yang berlangsung di aula Kantor Bupati Kubu Raya, baru-baru ini.

Suprapto menyebut tiga hal yang harus mendapat perhatian semua pengambil kebijakan manajemen koperasi di Kubu Raya.

Baca Juga :  DPRD Kubu Raya Setujui Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2017

Pertama, sumber daya alam melimpah yang ada di Kubu Raya. Menurutnya, manajemen koperasi dan UMKM harus jeli melihat potensi tersebut.

Kedua, faktor sumber daya manusia. Di mana rata-rata kaum muda Kubu Raya telah mengenal teknologi digital.

“Berarti dua hal sudah dimiliki. Dan faktor ketiga yang menentukan adalah kebijakan pemerintah daerah, yakni bagaimana Bupati harus punya keberpihakan kepada koperasi dan UMKM,” ujarnya.

Baca Juga :  CV Sukses Abadi Akan Berikan CSR di Desa Batu Ampar

Suprapto menyatakan di tengah kemajuan zaman, inovasi sangat dibutuhkan dalam persaingan dagang. Karena itu, dirinya meminta insan koperasi dan pelaku UMKM tidak pasif dalam berinovasi.

“Inovasinya sekarang adalah sudah zamannya digital. Tatkala koperasi sudah tidak mengikuti perkembangan zaman digital, tentu koperasi itu akan dianggap seperti koperasi di masa lalu. Hanya mengharapkan perputaran dari anggota ke anggota sehingga tidak punya inovasi dan tidak berkembang,” terangnya. (ian)

Comment