Pimpin Apel Peringatan Hari Perkebunan ke-60, Bupati Minta Tingkatkan Intensifikasi Perkebunan

Suasana Apel Peringatan Hari Perkebunan ke-60 Yang Digelar Pemerintah Kabupaten Sintang (Foto: Sg/Hms)
Suasana Apel Peringatan Hari Perkebunan ke-60 Yang Digelar Pemerintah Kabupaten Sintang (Foto: Sg/Hms)

Perbaiki Budidaya Perkebunan

KalbarOnline, Sintang – Dalam rangka peringatan Hari Perkebunan ke-60, Pemerintah Kabupaten Sintang melaksanakan apel peringatan, yang dilangsungkan di halaman Kantor Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang, Kamis (18/12).

Apel yang diikuti seluruh ASN Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang ini dipimpin Bupati Sintang, Jarot Winarno, yang diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Derah Kabupaten Sintang, H Henri Harahap.

Bupati Jarot dalam sambutannya yang dibacakan Asisten II Henri Harahap, mengatakan sangat menyambut baik hari Perkebunan ke-60 ini, kendati merupakan yang pertama kalinya diperingati di Kabupaten Sintang.

“Ini merupakan momentum yang cukup baik sesuai visi Kabupaten Sintang 2016-2021 mengembangkan ekonomi kerakyatan berbasis pedesaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa dengan luas wilayah Sintang 2.163.500 hektar dengan jumlah penduduk 402.212 jiwa, dan memiliki lima komoditi unggulan yaitu perkebunan kelapa sawit 163.028 hektar, perkebunan Karet 93.113 hektar, perkebunan lada 902 hektar, perkebunan kopi 350 hektar dan perkebunan kakao 125 hektar, membuktikan bahwa pembangunan perkebunan di daerah memiliki potensi yang cukup besar.

Namun, ia menegaskan bahwa tingkat produktifitas komoditas perkebunan di Sintang pada tahun 2016 dinilai masih cukup rendah dibanding dengan produktifitas Nasional.

“Sehingga Pemerintah Kabupaten Sintang berharap kepada petani dan perusahaan perkebunan agar lebih meningkatkan intensifikasi perkebunan dengan memperbaiki budidaya perkebunan,” tukasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang, Veronika Ancili mengatakan bahwa dalam rangkaian peringatan Hari Perkebunan ke-60 ini, pihaknya menggelar berbagai diantaranya Work Shop, kegiatan Perkebunan berkelanjutan di Hotel My Home, Jalan Sehat dan Senam, serta kegiatan Bhakti Sosial dengan menanam pohon penghijauan di beberapa wilayah kecamatan. (Sg/Hms)

Tinggalkan Komentar