Kenali Indeks Glikemik Bahan Makanan, Cegah Kenaikan Gula Darah

KalbarOnline, Pontianak – Indeks Glikemik (IG) adalah indikator seberapa cepat makanan yang mengandung karbohidrat mempengaruhi kenaikan gula darah dalam tubuh. Makanan dengan IG tinggi mengandung karbohidrat yang dapat dicerna secara cepat oleh tubuh, sehingga membuat kadar gula darah naik lebih cepat.

Edukator Diabetes, Daryati menjelaskan, penderita diabetes, disarankan untuk membuat perencanaan makan dengan memilih makanan yang memiliki indeks glikemik rendah.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

“Indeks glikemik suatu makanan diukur menggunakan skala, dimana tinggi rendahnya indeks glikemik sebuah makanan terbagi menjadi tiga kategori, yaitu indeks glikemik rendah (kurang dari 55), indeks glikemik sedang (antara 56-69), dan indeks glikemik tinggi (lebih dari 70),” jelasnya, saat menyampaikan edukasi tentang “Kenali IG Bahan Makanan, Cegah Kenaikan Gula Darah” kepada 12 pasien dan pengunjung di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak, pada Jumat (07/06/2024).

Baca Juga :  Sukses Terapkan Pendidikan Karakter, SMPN 1 Raih Juara I LSS Nasional

Dia menambahkan, bahwa IG suatu makanan, dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya cara pengolahan makanan. Sebagai contoh, bahan makanan yang mengandung pati tinggi jika dimasak terlalu lama dapat menyebabkan naiknya indeks glikemik makanan seperti pasta dan nasi.

“Gabungan makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi dan rendah secara bersamaan akan membuat nilai indeks glikemik dari keseluruhan makanan tersebut menjadi lebih rendah,” ungkap Daryati.

Selain itu, IG makanan juga dipengaruhi oleh tingkat kematangan makanan. Sebagai contoh, IG buah pisang akan meningkat seiring dengan tingkat kematangannya. Dengan demikian, IG makanan tidak selalu tetap.

Baca Juga :  Dua Menu Favorit Ani Sofyan yang Tak Pernah Absen Setiap Hari Raya Idul Fitri

Menurutnya, makanan dengan IG rendah sering disebut sebagai makanan yang lebih sehat karena tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan.

“Sehingga bermanfaat bagi penderita diabetes untuk mengatur pola makan dan mengontrol kadar gula darah mereka,” paparnya.

Namun, untuk menjaga kesehatan, lanjut dia, sebaiknya tidak hanya mempertimbangkan IG dalam makanan saja. Namun, konsumsilah makanan yang bergizi, hindarilah makanan beralkohol, berhentilah merokok.

“Lakukan latihan fisik secara teratur, dan kelola stres dengan baik,” pungkasnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment