Kendalikan Diabetes, Catat 7 Rutinitas Pagi Hari yang Wajib Dilakukan!

Diabetes adalah penyakit seumur hidup. Itu berarti, perawatannya merupakan proses yang tidak pernah berakhir. Menjaga kadar gula darah agar tetap di angka normal menjadi hal utama dan penting bagi penderita diabetes. Namun, tidak sedikit penderita diabetes merasa kewalahan untuk mengelola penyakitnya tersebut.

Agar bisa mengelola diabetes, Kamu harus melakukan beberapa perubahan gaya hidup sederhana seperti mengonsumsi makanan seimbang, tetap aktif secara fisik, meminimalisasi stres, memantau gula darah, dan memiliki waktu tidur yang baik. Melakukan aktivitas rutin di pagi hari bisa membantu Kamu yang hidup dengan diabetes agar tetap sehat.

“Tidak mudah mengelola diabetes tipe 2 atau menjaga kadar gula Kamu tetap stabil. Dibutuhkan perencanaan yang tepat. Kunci sukses agar kadar gula darah stabil ialah melakukan rutinitas sehat di pagi hari sepanjang waktu alias seumur hidup,” kata Jesse Vander Heide, konsultan diabetes di Oregon Health and Science University, Portland.

Baca juga: Cara Mencegah dan Mengelola Diabetes dengan Mudah!

Rutinitas Pagi untuk Mengendalikan Diabetes

So, biar Diabestfriend enggak penasaran, inilah beberapa aktivitas yang harus Kamu lakukan di pagi hari agar bisa mengendalikan gula darah.

1. Cek Gula Darah

Memeriksa kadar gula darah di pagi hari harus menjadi prioritas orang yang hidup dengan diabetes! Terutama bagi pengguna insulin atau obat penurun gula darah. Cek kadar gula darah umumnya dilakukan sebelum dan setelah makan, selama dan setelah olahraga, serta sebelum tidur. Pagi hari umumnya gula darah akan turun, atau mendadak naik. Maka penting untuk cek kadar gula darah di pagi hari sebagai bagian dari pengelolaan diabetes.

Baca Juga :  Tenyata, Stroberi Bisa Mengurangi Risiko Komplikasi Diabetes

2. Minum Obat Tepat Waktu

Penderita diabetes yang menggunakan insulin, pertimbangkan untuk melakukannya di pagi hari sebelum memulai aktivitas untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil sepanjang hari. Insulin yang dimaksud adalah insulin basal.

“Yang terpenting ialah konsistensi. Baik itu pagi atau malam hari, usahakan untuk menyuntikkan insulin pada waktu yang sama setiap hari. Jika Kamu diresepkan obat lain di pagi hari, pastikan untuk meminumnya secara konsisten,” ucap Jesse.

Baca juga: Gula Darah Stabil, Bolehkah Berhenti Minum Obat Diabetes?

3. Minum Air Putih

Memiliki diabetes atau tidak, minum air putih di pagi hari dapat memberikan banyak manfaat kesehatan, di antaranya membantu merehidrasi tubuh, membersihkan usus, dan melancarkan sistem pencernaan. Minum air putih bisa meningkatkan metabolisme dan mengurangi asupan kalori, yang dapat berkontribusi pada penurunan berat badan. Menjaga agar berat badan tetap sehat merupakan hal yang penting bagi penderita diabetes.

4. Jangan Lupa Sarapan.

Awali hari dengan sarapan bergizi yang bisa membuat kadar gula darah tetap stabil. Penelitian menunjukkan bahwa, bagi yang belum memiliki diabetes, melewatkan sarapan bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

5. Periksa Kaki.

Diabetes dapat menyebabkan masalah pada kaki, berupa luka kaki diabetes. Hal ini terjadi akibat kerusakan saraf atau neuropati diabetik disertai kerusakan pembuluh darah di kaki.

Kadar gula darah yang tinggi bisa merusak saraf di seluruh tubuh! Neuropati diabetik dapat menyebabkan berbagai gejala, termasuk mati rasa, kesemutan atau nyeri di kaki. Luka di kaki juga sulit sembuh karena aliran darah di kaki tidak lancar pada penderita diabetes. Itulah kenapa, Kamu harus merawat kaki dengan baik dan temukan adanya lecet, luka, memar, atau luka sedini mungkin.

Baca Juga :  Biar Tidak Menyesal, Ini 5 Perilaku Buruk Anak yang Tidak Boleh Dibiarkan

Baca juga: Tips Merawat Kaki Diabetes Selama Pandemi

6. Jalan Kaki dengan Rutin

Membiasakan diri berjalan kaki di pagi hari bisa membantu orang dengan diabetes menurunkan kadar gula darah, meningkatkan energi dan mood, mengurangi risiko komplikasi kardiovaskular, dan memperkuat kekebalan tubuh. Bonusnya, berat badan bisa turun lho! Ya, olahraga teratur merupakan faktor penting bagi penderita diabetes untuk hidup sehat.

7. Tulis Rencana Hari Itu.

Saat sarapan, cobalah untuk menulis daftar pendek mengenai rencana kegiatan hari itu. Apa yang ingin dilakukan, tugas apa yang harus diselesaikan, dan target yang ingin diraih. Jangan banyak-banyak, cukup menulis 2 atau 3 rencana saja. Jika bisa menyelesaikan semuanya, tentu sebuah pencapaian yang bagus di penghujung hari. Dampaknya, terhindar dari stres dan tetap bahagia.

Baca juga: Punya Tujuan Hidup Bikin Kamu Lebih Sehat dan Bahagia

Referensi:

TimesNow. 5 things people with diabetes should do every morning to control blood sugar levels

EverydayHealth. Type 2 Diabetes: A Morning-to-Night Routine to Keep Your Blood Sugar Stable Around the Clock

DiabetesDaily. Excellent Morning Routine Ideas for People With Diabetes

Comment