Tahapan Pilkada Diluncurkan, Kamaruzaman Ingatkan Netralitas ASN

KalbarOnline, Kubu Raya – Penjabat (Pj) Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman mengajak masyarakat untuk menjadikan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kubu Raya tahun 2024 sebagai sebuah perayaan yang penuh kegembiraan. Tidak boleh ada gesekan-gesekan yang akan memperkeruh suasana sehingga menodai pesta demokrasi tersebut.

“Tentunya kita ingin pesta demokrasi ini bisa berjalan demokratis dan damai,” kata Kamaruzaman saat menghadiri Peluncuran Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya Tahun 2024 yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kubu Raya, di D’Terrace Gaia Bumi Raya City Mall, Sungai Raya, Jumat (31/05/2024) malam.

Lebih lanjut Kamaruzaman berharap, masyarakat dapat menggunakan hak suaranya pada prosesi pencoblosan pilkada di bulan November mendatang. Menurutnya, hak suara tidak boleh disia-siakan karena satu suara akan ikut menentukan perjalanan Kubu Raya lima tahun ke depan.

Baca Juga :  Meski Kalah, Pj Bupati Kamaruzaman Apresiasi Timnas Indonesia U-23

“Dalam sebuah kompetisi tentu ada yang menang dan kalah. Kita juga belum tahu siapa yang akan mendaftar dan menjadi Bupati Kubu Raya nantinya,” terangnya.

Pada kesempatan itu, secara khusus Kamaruzaman kembali menyinggung tentang netralitas ASN dalam pilkada. Ia mengingatkan seluruh aparatur pemerintah daerah untuk selalu menjunjung tinggi aturan yang berlaku tanpa ada tawar-menawar. Sebab dalam aturan kepegawaian dinyatakan secara tegas bahwa ASN tidak boleh berpolitik praktis.

“Kita fokus saja dengan pekerjaan sebagai abdi negara dan abdi masyarakat dalam konteks melayani masyarakat,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua KPU Kabupaten Kubu Raya, Kasiono mengatakan, pilkada serentak tahun 2024 telah diluncurkan secara nasional pada 31 Maret lalu di Yogyakarta.

“Dan pada hari ini kita melaksanakan peluncuran tahapan dan jadwal pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya yang merupakan satu dari 514 kabupaten/kota di Indonesia,” kata Kasiono.

Baca Juga :  Polisi Ungkap Pencurian Sepeda Motor di Parkiran Masjid Al Mu'minun Sungai Raya

Kasiono menuturkan, pada kegiatan peluncuran tahapan pilkada tersebut, pihaknya sekaligus mengajak masyarakat Kubu Raya untuk terlibat aktif dan berpartisipasi dengan menggunakan hak pilihnya pada 27 November 2024 nanti.

“Sebagaimana tema pemilihan yang telah kami rumuskan yaitu ‘Kubu Raya Berdaulat untuk Pemilihan yang Bermartabat dan Berintegritas’ dengan slogan ‘Memilih Cerdas Kubu Raya Berkualitas’,” tutur Kasiono.

Ketua Bawaslu Kubu Raya, Encep Endan menyatakan persiapan pihaknya dalam hal pengawasan pilkada ke depan. Ia menjelaskan dalam waktu dekat akan melakukan rekrutmen petugas panwaslu kecamatan dan pengawas desa.

“Tentunya pihak kami telah siap mengawal proses tahapan pilkada di Kabupaten Kubu Raya ini,” tegasnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment