8 Puskesmas di Kubu Raya Terima Ambulans

KalbarOnline, Kubu Raya – Penjabat (Pj) Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman menyerahkan 8 unit mobil ambulans untuk 8 puskesmas di Kabupaten Kubu Raya. Penyerahan dilakukan usai upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ke-79 di halaman Kantor Bupati Kubu Raya, Senin (03/06/2024).

Adapun puskesmas penerima, yakni Puskesmas Teluk Pakedai, Puskesmas Lingga, Puskesmas Korpri, Puskesmas Rasau Jaya, Puskesmas Padang Tikar, Puskesmas Parit Timur, Puskesmas Sungai Raya Dalam, dan Puskesmas Sungai Kakap.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

“Ini adalah sebuah komitmen dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam rangka mendukung upaya bagaimana menekan angka kesakitan. Sehingga ini bisa dimanfaatkan guna deteksi dini untuk segera dilakukan tindakan dengan mobilisasi agar ada penanganan terhadap kondisi kesakitan yang ada di Kubu Raya,” kata Kamaruzaman.

Baca Juga :  Pj Bupati Kamaruzaman Minta Camat dan Kades Gerakkan PKK dan Dasawisma Tangani Stunting

Ia menuturkan, upaya peningkatan pelayanan kesehatan terus dilakukan. Terlebih Kubu Raya merupakan daerah dengan kondisi geografis pesisir yang luas dan menantang.

“Pertama memang geografis Kabupaten Kubu Raya, di mana tidak semua bisa diakses dengan kendaraan darat. Tapi kita juga sudah upayakan ada ambulans air yaitu speedboat. Ambulans yang diserahkan ini untuk yang terakses oleh jalan darat. Karena di Kubu Raya itu ada 23 puskesmas yang tersebar di sembilan kecamatan,” terangnya.

Baca Juga :  Kamaruzaman Pantau Layanan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak di Posyandu Tunas Fajar Desa Arang Limbung

Dirinya melanjutkan, pemberian fasilitas ambulans terus dilakukan secara bertahap seiring dengan memungkinkannya akses jalan yang ada.

“Jika kondisi jalan memungkinkan tentu mobil (ambulans). Tetapi kalau memang kondisi perairan, ya kita kasih speedboat dan itu sudah berjalan lama. Kita terus melakukan upaya-upaya peningkatan sarana dan prasarana pendukung bagi pelayanan kesehatan berbentuk ambulans dan puskesmas keliling,” pungkasnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment