Sambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Ratusan Relawan PLN Banjiri Bantaran Sungai Besar Banjarbaru

KalbarOnline.com – PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Kalimantan menyelenggarakan program Green Employee Involvement Bersih-Bersih Sungai yang diikuti oleh 215 relawan.

Relawan yang terdiri pegawai PLN UIP3B Kalimantan, petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), para Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) kota Banjarbaru dan warga sekitar bantaran sungai terlihat membanjiri bantaran Sungai Besar, Kota Banjarbaru, Senin (3/6/2024) kemarin.

Program ini merupakan bagian dari Employee Volunteering Program (EVP) PT PLN (Persero) dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2024. Kegiatan yang dimulai pukul 07.15 WITA dengan jalan santai 2 kilometer dari Kantor PLN UIP3B Kalimantan menuju lokasi sungai turut menyumbang pengurangan emisi karbon sebanyak 66,65 kilogram CO2.

Abdul Salam Nganro, General Manager PLN UIP3B Kalimantan menjelaskan selain kegiatan bersih-bersih sungai yang berhasil mengumpulkan sampah organik dan non organik sebanyak 855,6 kg, timnya juga memasang neon box himbauan kebersihan sungai, perbaikan dinding siring yang rusak, dan pemasangan tanggul perangkap sampah. Hal ini merupakan bentuk komitmen dalam setiap program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) selalu mengedepankan Sustainable Development Goals (SDG’s).

Baca Juga :  Disiplin Protokol Kesehatan Bisa Kurangi Angka Penularan Covid-19

“Harapannya melalui program yang diselenggarakan hari ini dapat meningkatkan kepedulian kita bersama terhadap kebersihan lingkungan sungai, sehingga terciptanya budaya yang berkelanjutan tentang pentingnya sungai yang bersih,” ungkap Salam.

Pada kesempatan tersebut, Salam menyampaikan bahwa timnya tidak hanya berfokus pada keindahan sungai saja tapi juga memanfaatkan kesempatan ini untuk berbagi kebahagiaan kepada 69 warga RT 12 Sungai Besar dan 10 petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN UIP3B Kalimantan.

“Semoga melalui bantuan yang diberikan dapat bermanfaat dan turut menjadi penyemangat warga dalam menjaga kebersihan lingkungan sungai dan sekitarnya,” ungkapnya.

Baca Juga :  Penyesuaian Tarif Listrik PLN Hanya Berlaku Bagi Pelanggan Mampu 3.500 VA ke Atas

Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas Lingkungan Hidup, Zainal Abidin mengapresiasi inisiatif dan kepedulian PLN dalam turut menjaga lingkungan sekitar melalui program-program TJSL-nya.

“Komitmen PLN menjaga kelestarian lingkungan merupakan contoh nyata kolaborasi dengan Pemerintah Kota Banjarbaru dalam pembangunan berkelanjutan untuk masyarakat,” ujarnya.

Zainal turut menghimbau warga untuk berkomitmen menjaga kebersihan lingkungan sungai, bukan hanya pada kesempatan ini saja tapi terus berkelanjutan hingga memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat.

“Atas nama pemerintah kota Banjarbaru, Ia mengucapkan terima kasih kepada PLN UIP3B Kalimantan beserta jajaran atas inisiatif dalam menyelenggarakan kegiatan ini,” tandasnya. (PLN/KalbarOnline)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment