Sambut HUT Kota Putussibau ke 129, Bupati Ajak Masyarakat Kapuas Hulu Terapkan 3R Pengelolaan Sampah

KalbarOnline, Putussibau – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Putussibau ke 129 yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2024, Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan bersama forkopimda, instansi dan masyarakat melaksanakan kegiatan jumat bersih, Jumat (31/05/2024).

Kegiatan jumat bersih itu diawali dimari GOR Uncak Kapuas Putussibau dan dilanjutkan di sejumlah rute maupun titik-titik di Kota Putussibau dan sekitarnya.

Dalam sambutannya, Bupati Fransiskus menyampaikan, bahwa kegiatan jumat bersih yang dirangkai dengan pembagian bibit tanaman ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu untuk mengurangi terjadinya emisi gas rumah kaca yang berlebihan di atmosfer, sehingga menimbulkan pemanasan global yang menyebabkan adanya perubahan iklim dan memicu kondisi krisis iklim di Indonesia maupun di dunia.

Baca Juga :  Bimtek Pengelolaan Dana Desa, Bupati Harap Pemdes Transparan dan Akuntabel

“Pada kesempatan ini saya mengajak semua pihak agar mengaktifkan lagi kegiatan jumat bersih di lingkungan masing-masing serta melakukan pengelolaan sampah dengan konsep 3R,” katanya.

3R tersebut dijelaskannya, yakni pertama Reuse, menggunakan kembali sampah yang masih bisa digunakan atau bisa berfungsi lainya. Kedua Reduce, yakni mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan atau memunculkan sampah. Kemudian yang ketiga Recycle, mengolah kembali sampah atau daur ulang menjadi suatu produk atau barang yang dapat bermanfaat.

Baca Juga :  Sejumlah Fraksi di DPRD Kapuas Hulu Pertanyakan Berapa Laba PDAM Untuk PAD

“Kepada semua pihak yang selalu konsisten melakukan kegiatan jumat bersih sejak diterbitkannya Surat Edaran Nomor 696 tanggal 13 September 2023 , saya ucapkan terima kasih,” tutur Bupati Fransiskus. (Haq)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment