Cegah Kecelakaan, U-Turn Pondok Indah Lestari Ayani 2 Ditutup

KalbarOnline, Kubu Raya – Satlantas Polres Kubu Raya bersama P2JN (Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional) dan Dinas Perhubungan Kubu Raya telah mengambil langkah tegas dengan menutup u-turn di putaran Pondok Indah Lestari (PIL) yang terletak di Jalan Arteri Supadio (Ayani 2), Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya.

Kasat Lantas Polres Kubu Raya, AKP Apit Junaedi menjelaskan, bahwa keputusan ini diambil untuk mengatasi kemacetan yang sering terjadi terutama pada jam-jam sibuk dan untuk mengurangi risiko kecelakaan yang kerap terjadi.

“Kendaraan yang memutar dari arah Kubu Raya menuju Pontianak cenderung melebar sehingga memenuhi dua jalur badan jalan. Selain itu, kendaraan dari Jalan Parit Haji Muksin menuju putaran PIL sering melawan arus, sehingga rawan kecelakaan,” ujar Apit, Kamis (23/05/2024).

Baca Juga :  Silaturahmi Antar BUMN, Agenda BUMN Fest 2023 Diikuti Lebih dari 3.200 Peserta

Apit mengungkapkan, bahwa penutupan ini bukan hanya berdasarkan pengamatan pihak kepolisian dan dinas perhubungan, tetapi juga atas permintaan dari masyarakat.

“Masyarakat telah mengeluhkan kemacetan yang terjadi akibat kendaraan yang berputar di u-turn ini, dan juga tindakan melawan arus yang sering dilakukan oleh pengendara yang tidak bertanggung jawab yang berpotensi menimbulkan kecelakaan,” jelasnya.

Satlantas Polres Kubu Raya bersama P2JN dan Dishub Kubu Raya menutup U-Turn di putaran Pondok Indah Lestari (PIL). (Foto: Humas Polres Kubu Raya)

Apit mengatakan, penutupan ini diharapkan dapat mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi di lokasi tersebut.

Baca Juga :  Wakapolres Kapuas Hulu Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Patuh Kapuas 2023

“Kami mengimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk mematuhi aturan lalu lintas dan menggunakan jalur yang telah ditentukan. Keselamatan bersama adalah prioritas kita semua,” tuturnya.

Dengan adanya penutupan u-turn PIL ini, diharapkan arus lalu lintas di Jalan Arteri Supadio menjadi lebih lancar dan aman.

Satlantas Polres Kubu Raya dan Dishub Kubu Raya pun akan terus memantau situasi lalu lintas dan menerima masukan dari masyarakat untuk perbaikan yang berkelanjutan. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment