Pj Gubernur Harisson Sambangi Stan Pameran Dekranasda Kalbar di Solo

KalbarOnline, Surakarta – Setelah menyaksikan pameran mobil hias dan budaya serta kriya di kawasan Jalan Slamet Riyadi Solo, Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson menyambangi stan pameran Dekranasda Kalbar di Pracima Tuin Mangkunegaran, Kota Solo, Rabu (15/05/2024).

Kehadiran Harisson kala itu didampingi Pj Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalbar, Windy Prihastari.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Stan Dekranasda Kalbar menyandang tema budaya Kalbar, yakni Rumah Baluk yang merupakan rumah adat suku Dayak Bidayuh Kabupaten Bengkayang yang berada di perbatasan Indonesia-Malaysia.

Selain itu, stan Dekranasda Kalbar juga menampilkan permainan musik tradisional suku Dayak yakni sape’ untuk menarik masyarakat yang berbelanja wastra dan produk-produk kerajinan Kalbar (kriya).

Baca Juga :  Sekda Kalbar Meradang, Penetapan Tarif PCR di PLBN Entikong Tak Masuk Akal!

Tampak Pj Gubernur dan Pj Ketua Dekranasda Kalbar melihat satu-persatu wastra serta produk-produk kerajinan tangan yang dipamerkan.

Dalam kesempatan itu, Pj Ketua Dekranasda Kalbar menyebut, bahwa momentum HUT Dekranas kali ini hendaknya dapat dimanfaatkan Kalbar untuk mempromosikan budaya dan produk kerajinan unggulannya dalam event nasional tersebut.

“Dengan mempromosikan budaya dan kriya Kalbar pada event nasional ini, kami berharap masyarakat Indonesia tertarik untuk datang langsung ke Kalbar,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, bahwa dengan stan pameran yang bertemakan rumah baluk dan penampilan seni musik tradisional suku Dayak dapat menambah rasa penasaran masyarakat akan budaya dan kriya di Kalbar.

Baca Juga :  Ketapang Zona Merah, Pontianak Zona Oranye

“Tentunya ini menjadi suatu pertunjukkan agar wisatawan tertarik untuk melihat langsung suku dan budaya di Kalbar, sehingga terjadi peningkatan wisatawan dan produk kerajinan unggulan Kalbar juga diminati wisatawan sehingga perekonomian di Kalbar terus berkembang,” kata Windy. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment