Forkopimda Kubu Raya Tinjau Kesiapsiagaan Pos Operasi Ketupat Kapuas 2024

KalbarOnline, Kubu Raya – Kapolres Kubu Raya, AKBP Wahyu Jati Wibowo bersama Pj Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman dan unsur Forkopimda meninjau langsung kesiapsiagaan petugas Pos Operasi Ketupat Kapuas 2024 untuk menyambut arus mudik serta arus balik Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M di wilayah hukum Polres Kubu Raya.

Peninjauan kesiapsiagaan tersebut meliputi Pos Pelayanan yang berlokasi di Pelabuhan Rasau jaya dan simpang empat Desa Kapur, serta Pos Terpadu Bandara Internasional Supadio.

Pos pelayanan Pelabuhan Rasau Jaya menjadi awal kunjungan Kapolres bersama Pj Bupati Kubu Raya, di mana Pelabuhan Rasau Jaya merupakan gerbang pemudik lebaran Idul Fitri menuju 4 kecamatan perairan (Batu Ampar, Teluk Pakedai, Terentang dan Kubu) di Kabupaten Kubu Raya.

Inspeksi mendadak (sidak) pun dilakukan dengan meninjau secara langsung kesiapan transportasi perairan dalam intensitas angkutan penumpang yang tidak melebihi kapasitas demi keselamatan penumpang sampai tujuan.

Baca Juga :  Antisipasi Konflik Sosial, Bupati Muda : Pemkab Kubu Raya Telah Lakukan Terobosan

Saat peninjuannya, Pj Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman bersama Kapolres Kubu Raya meminta kepada nahkoda kapal untuk mengutamakan keselamatan penumpang dengan menyesuaikan kapasitas angkutan kapal transportasi dan tidak melakukan overload.

“Jangan sampai terjadinya overload untuk mendapatkan keuntungan lebih, kita ingin nahkoda kapal mengutamakan keselamatan penumpang dan barang menjadi prioritas utama sampai tujuan, dan wajib mengikuti aturan, kalau tidak akan saya cabut ijinnya,” kata Kamaruzaman setelah mengecek manifest penumpang di pelabuhan Rasau Jaya. Sabtu (06/04/2024) Pukul 08.30 Wib.

Di tempat yang sama, Kapolres Kubu Raya, AKBP Wahyu Jati Wibowo, setelah melakukan pemeriksaan penumpang di dalam kapal transportasi perairan, mengimbau kepada penumpang yang hendak melakukan mudik untuk mengutamakan keselamatan diri dan barang bawaannya, sehingga dapat merayakan lebaran Idul Fitri 1445 H bersama keluarga.

“Kami ingin masyarakat yang melakukan mudik dengan menggunakan transportasi air ini bisa berjalan lancar dan aman hingga tujuannya dan dapat berkumpul bersama keluarga untuk merayakan lebaran idul fitri, jangan sampai adanya ketidaksesuaian antara manifes dan volume penumpang di dalam pelayaran kapal transportasi, sehingga dapat mengakibatkan kecelakaan pelayaran,” terangnya.

Baca Juga :  Rusman Ali Perintahkan BPN Segera Laksanakan Putusan MA

Kapolres juga menekankan, agar setiap nahkoda kapal untuk mengikuti aturan, sesuai warning yang dikatakan Pj Bupati Kubu Raya, agar kapasitas penumpang dan barang sesuai dengan manifest, sehingga tidak terjadinya penumpukan dan mengakibatkan overload yang dapat mengakibatkan kecelakaan pelayaran.

Alhamdulillah, satu kapal KM Semangat Bahagia tujuan Batu Ampar yang kami nilai layak sudah berlayar, kami mendoakan semoga dalam pelayarannya selamat sampai tujuan dan berkumpul bersama keluarga di dalam kebahagiaan idul fitri 1445 Hijriah,”ujarnya.

Hadir dalam kegiatan itu Kadishub Kubu Raya, Odang Prasetyo, Wakapolres Kubu Raya, Kompol Hilman Malaini dan Kapolsek Rasau Jaya, IPTU Muhammad Saleh. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment