Sekda Kubu Raya Buka Orientasi dan Penguatan Kapasitas Kader TPK Turunkan Stunting

KalbarOnline, Kubu Raya – Sekretaris Daerah (Sekda) Kubu Raya, Yusran Anizam membuka kegiatan Orientasi dan Penguatan Kapasitas Tim Pendamping Keluarga (TPK) dalam rangka percepatan penurunan stunting di Kabupaten Kubu Raya, Kamis (21/03/2024), di Aula Praja Utama Kantor Bupati Kubu Raya.

Dalam sambutannya, Sekda Yusran berharap, angka stunting di Kubu Raya terus mengalami penurunan.

“Kita berharap terjadi penurunan prevalensi stunting di Kubu Raya. Saat ini data terakhir (tahun 2022) kita di angka 27,6 persen. Mudah-mudahan di rilis tahun 2023 kita bisa turun,” harapnya.

Yusran menyebut, pentingnya upaya dari penurunan stunting karena dampaknya yang luar biasa. Ia menjelaskan, stunting bisa mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak, baik secara fisik maupun non fisik. Karena itu stunting juga dapat mempengaruhi kualitas sumber daya manusia.

Baca Juga :  Kunjungi RSUD Kota Pontianak, TPPS Perkuat Kolaborasi Penanganan Stunting

“Apalagi kalau kita bicara, kita sudah memasuki bonus demografi, artinya persaingan hidup akan semakin ketat. Nah, bagaimana nanti puncaknya di era demografi itu kalau kita tidak mempersiapkan anak-anak kita untuk bisa bersaing,” ujarnya.

Oleh karena itu, Yusran menegaskan, persoalan stunting ini menjadi tanggungjawab bersama. Pemerintah pun mencoba memaksimalkan sumber daya yang ada, tapi tentu tidak bisa bekerja sendiri. Diperlukan kerja sama dan bantuan dari semua pihak, terutama kader TPK yang memberikan pendampingan bagi masyarakat sebagai garda terdepan.

Baca Juga :  Masa Jabatannya Segera Berakhir, Total Harta Kekayaan 2 Kepala Daerah di Kalbar Ini Naik Semua

“Di Kubu Raya tercatat ada 810 kader TPK, kalau dibagi penugasan untuk 123 desa maka rata-rata satu desa kurang lebih ada 7 kader. Saya rasa ini sudah cukup efektif,” katanya.

Selain itu, lanjut Yusran, di Kubu Raya sudah ada audit status stunting yang telah memetakan kendala dan permasalahan stunting. Maka, dengan dukungan pemutakhiran data yang akurat, tugas TPK dalam menjalankan perannya akan sangat terbantu. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment