Upaya Kendalikan Inflasi, Pj Ketua PKK Windy Pimpin Penanaman 8 Ribu Bibit Cabai se-Kalbar

KalbarOnline, Sanggau – Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Windy Prihastari memimpin gerakan tanam (gertam) cabai 14 kabupaten/kota, dari Kabupaten Sanggau, Senin (04/03/2024).

Dalam momentum peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke 52 tersebut, penanaman cabai yang dilakukan di Provinsi Kalbar mencapai 8 ribu bibit.

Dari Kabupaten Sanggau, Pj Ketua TP PKK Windy Prihastari turut menyapa langsung kabupaten/kota secara daring. Ia mengungkapkan bahwa kegiatan ini sebagai wujud komitmen TP PKK Kalbar untuk terlibat membantu pemerintah daerah dalam rangka menekan angka inflasi.

“Saya mengucapkan terima kasih banyak atas semangat TP PKK se-Kalbar untuk turut serta mengendalikan inflasi dengan menanam cabai,” kata Windy.

Dirinya pun mengajak setiap keluarga untuk manfaatkan pekarangan rumah sebagai sumber pangan, misalnya cabai. Dirinya memastikan, PKK Kalbar akan terus mendukung program penanaman cabai di masing-masing rumah tangga tersebut.

Apalagi pihaknya juga telah mendapat instruksi dari TP PKK pusat, agar melakukan upaya-upaya konkret menekan harga cabai. Salah satunya dengan memasifkan kembali gertam cabai di semua daerah.

Baca Juga :  Bupati Kapuas Hulu Hadiri Festival Ikan Toman Bakar Dalam Rangka Peringatan HKG PKK ke 51

“Gerakan ini telah digencarkan oleh TP PKK seluruh Indonesia sejak tahun 2017, dan beberapa daerah sudah melaporkan keberlanjutan gertam cabai, dan manfaat yang diperoleh,” kata dia.

Upaya Kendalikan Inflasi, Pj Ketua PKK Windy Pimpin Penanaman 8 Ribu Bibit Cabai se-Kalbar 2 Windy pun berharap, TP PKK 14 kabupaten kota dapat terus menggencarkan gertam cabai dengan berbagai inovasi. TP PKK menurut Windy, harus ikut andil dan berperan dalam membantu pemerintah daerah untuk menekan angka inflasi. Salah satunya lewat gertam cabai yang terus digencarkan.

“Saya inginkan TP PKK se-Kalbar untuk ikut andil dan berperan dalam menekan angka inflasi melalui berbagai program. Contoh kita bisa menanam cabe untuk menekan inflasi,” harapnya.

“Kita (PKK) ikut menggerakkan masyarakat di sekitar kita, dimulai dari rumah tangga untuk menanam cabe dengan menggunakan pekarangan rumahnya,” timpalnya.

Baca Juga :  Jelang Idul Fitri 1444 H, PLN Pastikan Kelistrikan Kalbar Andal

Windy yang selalu mendampingi kunjungan kerja Pj Gubernur Kalbar ke berbagai kabupaten kota, juga selalu memanfaatkan momentum tersebut untuk bertemu ibu-ibu. Terutama untuk mengajak keluarga agar memanfaatkan pekarangan rumah sebagai sumber pangan.

Dirinya menyampaikan, di TP PKK mempunyai 10 tugas pokok yang selaras dengan gertam cabai sebagai upaya penekanan inflasi. Pada Pokja III TP PKK misalnya, mempunyai program mengelola pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga.

“Jangan hanya PKK saja yang bergerak, tapi bagaimana caranya PKK juga mengajak peran masyarakat untuk menggunakan pekarangan rumah sebagai upaya tekan inflasi,” pungkasnya.

Seperti diketahui, secara nasional, momentum gertam cabai serentak dalam rangka peringatan HKG ke 52 tersebut dihadiri langsung oleh Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, Istri Wakil Presiden RI, Wury Ma’ruf Amin dan Ketua Umum TP PKK Pusat, Tri Tito Karnavian. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment