Pj Gubernur Harisson Buka Rakerwil Kanwil Kemenag Kalbar 2024

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Harisson membuka Rapat Kerja Wilayah Kantor Wilayah Kementerian Agama (Rakerwi Kanwill Kemenag) Provinsi Kalbar Tahun 2024 di Hotel Orchard Pontianak, Sabtu (02/03/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Pj Gubernur Harisson mengungkapkan, selain memiliki tugas menyelenggarakan urusan pemerintah di bidang agama dan pendidikan keagamaan, kemenag juga memiliki tugas untuk membangun karakter bangsa melalui bidang agama.

“Bekal pendidikan agama adalah modal  pondasi kokoh dalam mewujudkan kerukunan umat beragama demi tercapainya tujuan pembangunan,” katanya.

Sejalan dengan itu, kemenag pun diharapkan mampu membentengi umat dari segala dampak negatif kemajuan zaman.

Baca Juga :  Harisson Beberkan Beragam Ancaman yang Dihadapi Bangsa Indonesia

“Pada kesempatan yang baik ini saya mengajak seluruh peserta rakerwil untuk bersama mewujudkan Provinsi Kalimantan Barat yang makmur, berdaya saing dan berbudaya, karena kementerian agama mempunyai peran penting dalam pembinaan keagamaan,” ujarnya.

Tak hanya itu, Harisson juga meminta kepada seluruh kanwil kemenag di Kalbar untuk terus bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam melakukan tugas-tugas mendidik masyarakat, terutama dalam moderasi beragama. Kemudian meningkatkan pendidikan di pesantren yang memiliki jiwa entrepreneurship dan bagaimana caranya terus menjaga toleransi, kedamaian umat dan meningkatkan kesejahteraan umat di Kalbar.

“Kerukunan umat beragama di Kalimantan Barat saya meminta kepada para ulama dan juga umaro untuk benar-benar menjaga toleransi yang artinya begini, kalau di Islam itu sudah ayat di surat Al-Kafirun itu ‘laqum dinuqum waliyadin’ (untukmu agamamu untukku agamaku),” ujarnya.

Baca Juga :  Sekda Kalbar Buka Kegiatan Pemusatan Pelatihan Paskibraka HUT RI ke-77

“Saya harapkan ulama terus menjaga masyarakat agar mereka meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan bagaimana mendekatkan diri kepada Tuhan Sang Pencipta,” sambung Harisson.

Sebagai informasi, rakerwil ini diikuti oleh 218 peserta yang berasal dari kantor wilayah kabupaten/kota se-Kalimantan Barat. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 3 hari, mulai dari 2 Maret hingga 4 Maret 2024. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment