Anita Puji Kerajinan Karya Pengrajin Pontianak di Inacraft 2024

KalbarOnline, Jakarta – Pj Ketua Dekranasda Kota Pontianak, Anita Ani Sofian memberikan apresiasi yang tinggi terhadap produk kriya yang ditampilkan oleh para pengrajin Kota Pontianak pada pameran tahunan Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) Tahun 2024.

Pada tahun ini, Inacraft 2024 diikuti sebanyak 1.500 peserta UMKM yang mengisi Hall Jakarta Convention Center (JCC) mulai tanggal 28 Februari – 3 Maret 2024.

Dalam pameran kerajinan terbesar di Asia Tenggara itu, ribuan pengrajin memamerkan beragam produk kriya (kerajinan tangan) dengan nilai artistik tinggi dan keunikan khas daerah masing-masing termasuk Kota Pontianak.

Dekranasda Kota Pontianak pun dalam kesempatan itu menampilkan berbagai barang kerajinan tangan seperti souvenir khas Pontianak, tas etnik bahan kain corak insang, pakaian corak insang, bahan kain khas corak insang, kain berlukiskan prada, lukisan dari ampas kopi dan sebagainya.

Alhamdulillah tadi Bapak Presiden kebetulan melewati stand Kota Pontianak di Paviliun Kalbar dan menerima lukisan ampas kopi yang dibuat oleh pengrajin kita Pak Harry,” ujarnya saat meninjau stand Dekranasda Kota Pontianak di JCC, Rabu (28/02/2024).

Baca Juga :  Ini 12 Alasan Masyarakat Tolak UU Ciptaker, Berikut Faktanya

Anita menyebut, kehadiran para pengrajin dan produk kriya mereka sangat berarti bagi pengembangan industri kreatif daerah. Terlebih pameran inacraft ini menjadi ajang penting bagi para pengrajin lokal untuk memperkenalkan karyanya kepada masyarakat luas.

“Kami sangat bangga melihat kreativitas dan kerja keras para pengrajin lokal dalam menghasilkan produk kriya yang berkualitas tinggi. Ini merupakan potensi besar bagi perkembangan industri kreatif di Kota Pontianak,” tuturnya.

Dirinya berharap semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk mendukung produk kriya lokal dan turut memajukan industri kreatif daerah, maka akan berdampak positif bagi perekonomian masyarakat, termasuk para pelaku UMKM.

“Semoga ini menjadi industri kreatif daerah yang terus berkembang dan menjadi salah satu sektor yang menggerakkan perekonomian lokal secara berkelanjutan,” harapnya.

Baca Juga :  Cegah Stunting, Pemkot Serahkan Paket Makanan Tambahan ke 50 Baduta di Pontianak Selatan

Koordinator Stand Kota Pontianak, Kusmiati mengatakan, Tim Dekranasda Kota Pontianak telah mempersiapkan produk-produk unggulan yang ditampilkan di JCC. Berbagai produk kerajinan tangan seperti souvenir khas Pontianak, tas etnik bahan kain corak insang, pakaian corak insang, bahan kain khas corak insang dan sebagainya.

“Kemarin kami tiba di Jakarta langsung menuju ke JCC untuk loading produk-produk yang akan ditampilkan selama pameran berlangsung,” tuturnya.

Kusmiati berharap, produk-produk UMKM dari Pontianak mampu menarik minat pengunjung yang datang ke stand Kota Pontianak di Paviliun Kalbar.

“Semoga produk-produk yang kami tampilkan selama pameran Inacraft ini bisa memancing minat pengunjung,” harapnya.

Sumarni, warga Jakarta yang berkunjung ke stand Dekranasda Kota Pontianak mengaku tertarik dengan produk-produk unggulan yang ditampilkan.

“Saya tertarik melihat kain lukisan prada karena tampilannya ada glitter-glitternya (berkilau), lain dari yang lain,” ungkapnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment