Pastikan Stok Aman, Pj Gubernur Kalbar Pantau Ketersediaan Beras di Pasar Ritel Pontianak

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson memantau ketersediaan beras di beberapa pasar ritel di Kota Pontianak, Senin (26/2/24).

Harisson mengatakan, berasarkan keterangan dari pihak pjpasar ritel, stok beras selalu ada, namun harganya selalu naik.

“Jadi saya ingin memastikan stok beras di luar Bulog itu tersedia, apalagi kita akan menyambut hari besar keagamaan yaitu bulan Ramadan dan Idul Fitri,” kata Harisson.

Baca Juga :  Satgas Covid-19 Pontianak Rencanakan Perpanjangan PPKM Mikro

Harisson menerangkan, beberapa penyebab kenaikan harga beras ini disebabkan oleh cuaca yang ekstrem (El Nino) menyebabkan mundurnya masa tanam. Selain itu, bencana banjir yang melanda beberapa daerah juga menyebabkan gagal panen.

“Ini yang menyebabkan produksi kita turun sehingga terpaksa impor,” ujarnya.

“Tapi sebentar lagi bulan Maret kita sudah masa panen. Mudah-mudahan nanti dengan adanya panen ini stok beras kita akan kembali meningkat dan harga bisa turun,” tambah Harisson.

Baca Juga :  Besok Dinkes Kalbar Akan Tes Swab Penumpang Pesawat yang Mendarat di Supadio

Untuk mengatasi kenaikan harga beras ini, Pemprov Kalbar akan melakukan strategi seperti gerakan pangan murah, operasi pasar, dan juga penyaluran bansos untuk masyarakat yang tidak mampu.

“Kita berupaya untuk mengurangi beban mereka yang tidak mampu terhadap kenaikan-kenaikan harga bahan pokok ini,” tukas Harisson. (Indri)

Comment