Pj Gubernur Kalbar Buka Mini Festival Cap Go Meh Singkawang

KalbarOnline, Singkawang – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson membuka Mini Festival Cap Go Meh yang digelar di Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung, Jalan Sanggau Kulor, Singkawang Tengah, Sabtu (24/02/2024).

Spesial di momen tersebut, turut dihadiri para kepala dinas pariwisata beserta team of operator leader dari seluruh daerah se-Indonesia, peserta Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemasaran Pariwisata 2024.

“Jadi perayaan Cap Go Meh pada tahun ini, 2575 Kongzili ini, walaupun kita Mini Cap Go Meh karena kita masih dalam rangka pemilu, tetapi perayaan ini sangat meriah, dan ini sudah ditetapkan sebagai 10 besar Kharisma Event Nusantara di Indonesia,” ungkap Harisson yang hadir didampingi oleh Pj Ketua TP PKK Kalbar yang juga Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kalbar, Windy Prihastari.

Pj Gubernur Kalbar Buka Mini Festival Cap Go Meh Singkawang 2 Dalam kesempatan itu, Harisson turut menyampaikan terima kasih kepada panitia serta Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang dan TNI-Polri yang telah mengawal event tersebut sehingga bisa berjalan aman. Ia menilai Cap Go Meh ini sangat berpotensi untuk menarik wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Baca Juga :  Amphuri Sebut Pemberangkatan Umrah Hari Ini Masih Bisa Terselenggara

“Dan miliaran rupiah uang berputar selama Cap Go Meh, sehingga ini membawa dampak besar bagi pertumbuhan ekonomi, baik di Kota Singkawang maupun Kalbar. Saya tadi menikmati atraksi tatung cukup ngeri juga,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro menyampaikan, atas nama masyarakat Kota Singkawang sangat berbahagia dengan kedatangan para tamu dari berbagai daerah se-Indonesia tersebut. Meski tahun ini festival Cap Go Meh dilaksanakan secara mini karena bertepatan dengan pemilu, tapi kemeriahannya tak kalah dibanding perayaan Cap Go Meh seperti biasanya.

Pj Gubernur Kalbar Buka Mini Festival Cap Go Meh Singkawang 3 Ia berharap pemerintah pusat bisa menetapkan Kota Singkawang sebagai venue tetap perayaan Imlek dan Cap Go Meh tingkat nasional. Karena memang Cap Go Meh Singkawang dinilai paling khas, dan menjadi yang terbesar di Indonesia.

Baca Juga :  Polri Ancam Tindak Tegas Kelompok Pendemo Omnibus Law yang Rusuh

“Kita juga bahagia karena tahun ini kita (Singkawang) mendapat penghargaan kota tertoleran untuk ketiga kalinya di Indonesia,” katanya.

Seperti diketahui, Cap Go Meh Singkawang masuk dalam top 10 Karisma Event Nusantara (KEN) 2024, serta menjadi salah satu event dari 34 event yang masuk di dalam Calendar of Event (CoE) Pariwisata Kalbar 2024.

Dalam mini Festival Cap Go Meh Singkawang, turut dihadiri Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf RI, Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf RI, Pj Sekda Kota Singkawang, Kepala Perwakilan BI Kalbar, serta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Singkawang dan Kalbar, juga para pejabat lainnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment