Pantang Lemas Selama Berpuasa di Bulan Ramadhan

KalbarOnline, Pontianak – Menyambut bulan suci Ramadhan yang penuh berkah, banyak perubahan pola hidup yang terjadi mulai dari pola tidur, pola makan, hingga aktivitas fisik sehari-hari. Namun, perubahan ini seringkali dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan.

Untuk menjaga kesehatan tubuh selama bulan Ramadhan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak menggelar penyuluhan mengenai Tips Sehat dan Bugar selama Bulan Ramadan.

Penyuluhan itu diselenggarakan oleh Penyuluh, Daryati, SKM yang menyampaikan informasi kepada 21 pasien dan pengunjung RSUD SSMA) Kota Pontianak pada Selasa (20/02/2024).

Baca Juga :  Buka Rakerda ke-V LPTQ, Alfian Salam Harap Program 5000 Hafiz Rampung Tahun Ini

Daryati membagikan beberapa tips sehat selama berpuasa di bulan Ramadhan, antara lain disarankan untuk berbuka puasa dengan air putih dan mengonsumsi makanan manis dari buah-buahan atau kurma.

“Selain itu, saat berbuka dan sahur, disarankan untuk mengonsumsi makanan dari empat kelompok makanan yang berbeda, yaitu makanan pokok, lauk pauk, sayur, dan buah,” pesannya.

Lebih lanjut, kata Daryati, penting untuk meningkatkan konsumsi air putih sebanyak 8 hingga 10 gelas, dari berbuka hingga sahur.

“Sambil menghindari minuman seperti teh, kopi, dan minuman berkafein yang berpotensi membuat tubuh cepat dehidrasi,” imbuhnya.

Baca Juga :  RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Gelar Penyuluhan tentang Diare

Untuk menjaga kesehatan, disarankan juga untuk membatasi konsumsi makanan asin dan tinggi lemak seperti gorengan, sosis, sate, kuning telur, jeroan, kulit ayam, serta makanan bersantan. Termasuk dalam anjuran Daryati adalah tetap berolahraga rutin setiap hari dengan memperhatikan waktu yang tepat, seperti sebelum berbuka, setelah berbuka, sebelum tidur dan sebelum sahur.

“Dengan menerapkan tips sehat dan bugar selama berpuasa, diharapkan umat muslim dapat meraih ibadah puasa dengan lancar dan tetap sehat di bulan suci Ramadhan,” tutupnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment