Polres Kubu Raya Gelar Apel Pergeseran Personel Pengamanan TPS

KalbarOnline, Kubu Raya – Kapolres Kubu Raya, AKBP Wahyu Jati Wibowo memimpin jalannya apel pergeseran 358 personel yang diperuntukkan bagi pengamanan pemungutan suara pemilu di 1.967 TPS yang tersebar di 123 desa di 9 kecamatan se-Kabupaten Kubu Raya.

Apel itu digelar di lapangan Apel Mapolres Kubu Raya, Jalan Mayor Alianyang, Desa Durian, Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya, Senin (12/02/2024) pagi pukul 08.00 Wib.

“Apel hari ini merupakan kesiapan akhir dari seluruh personel pengamanan, berikut dengan kelengkapan almatsus, sarana dan prasarana pendukungnya, serta keterpaduan unsur lintas sektoral dalam pengamanan guna mengamankan dan mensukseskan pesta demokrasi pemilu 2024 di wilayah hukum Polres Kubu Raya,” katanya.

Wahyu menerangkan, kekuatan pengamanan yang akan dikerahkan yaitu sebanyak 4.292 personel, dengan rincian 358 personel polri dan 3.934 linmas yang tersebar pada 1.967 TPS di 123 desa di 9 kecamatan Kabupaten Kubu Raya.

Baca Juga :  Wali Kota Pontianak Gelar Sayembara Berhadiah Rp 25 Juta Bagi Pelapor Pelaku Bakar Lahan

“Beberapa potensi gangguan selama pemilu 2024 yang harus kita antisipasi diantaranya praktek-praktek kecurangan pemilihan yang dapat dilakukan oleh siapa saja, baik penyelenggara, pemilih serta pihak lainnya, yang dapat memicu penolakan dan protes dari pihak lain dan berujung konflik,” terangnya.

“Ancaman fisik dan non-fisik terhadap keamanan para calon, pemilih, dan upaya upaya pihak tertentu yang sengaja ingin menimbulkan gangguan kamtibmas,” sambungnya.

Ia menyampaikan, bahwa personel juga bertugas mengantisipasi ancaman terhadap keamanan fasilitas umum dan sarana-prasarana penunjang pemilihan suara seperti TPS, kotak suara, alat komunikasi, dan ancaman lainnya terhadap seluruh proses pemilihan, khususnya pada puncak pesta demokrasi pemungutan suara pada hari Rabu tanggal 14 Februari 2024.

“Untuk itu, dengan mengedepankan tindakan proaktif yang preemtif dan preventif, dan didukung kegiatan intelijen, juga memberdayakan seluruh potensi di lapangan, serta para pengawas pemilu yang siap bekerja sama dalam semangat sinergitas, soliditas dan solidaritas, maka Polri akan siap dalam mengantisipasi setiap kerawanan Kamtibmas yang akan mengganggu jalannya Pemilu,” papar Wahyu.

Baca Juga :  Perkuat Konsolidasi Hingga ke Anak Cabang, Miftah Optimis PPP Bakal Hijaukan Kalbar di 2024

Dirinya juga berpesan, kepada seluruh personel yang melaksanakan pengamanan pemungutan suara di TPS, untuk senantiasa menjaga netralitas dan profesionalitas.

“Mari kita hindari segala tindakan dan perilaku kontra produktif, yang justru dapat mengganggu jalannya pemilu 2024, serta mencederai nilai-nilai demokrasi dan menurunkan citra Polri di mata masyarakat,” pesannya.

Wahyu pun meminta agar personel Polri khususnya Polres Kubu Raya untuk memberikan contoh dan pembuktian kepada masyarakat, bahwa Polri bersama unsur stakeholders pemilu 2024 siap mengawal, mengamankan serta menyukseskan pemilu 2024. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment