Waspada Penyakit Gigi dan Mulut pada Dewasa dan Lansia

KalbarOnline, Pontianak – Studi yang dilakukan di negara maju menunjukkan kelainan yang bersifat kronik pada gangguan mulut sering dialami oleh lansia adalah kehilangan gigi, karies gigi dan penyakit periodontal.

Hal itu diungkap Natalia Mastika, penyuluh kesehatan, ketika memberikan penyuluhan tentang pencegahan penyakit gigi dan mulut orang dewasa dan lansia kepada 40 pasien dan pengunjung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak, Senin (15/01/2024).

Natali menyebut, beberapa faktor yang sering menyebabkan masalah kesehatan gigi dan mulut pada orang dewasa diantaranya adalah kurangnya kesadaran dalam menjaga kesehatan gigi.

Baca Juga :  Ini Waktu Terbaik Minum Obat Hipertensi

“Seperti tidak rutin menyikat gigi, sering mengkonsumsi makanan yang manis dan tidak memeriksakan masalah kesehatan gigi ke dokter gigi maupun ke pelayanan kesehatan,” paparnya.

Baca Juga :  Martinus Sudarno Pertanyakan Keseriusan Pemprov Kalbar Tangani Banjir

Dia menambahkan, permasalahan gigi dan mulut pada lansia sangat mempengaruhi kualitas hidupnya sehari-hari. Natali mengimbau agar pasien atau pengunjung  berupaya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

“Dengan rutin ke dokter gigi setiap enam bulan, rajin menyikat gigi, mengkonsumsi sayur dan buah-buahan, kurangi makanan manis dan rajin minum air putih,” pungkasnya. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment