Pj Gubernur Kalbar Harap Presiden ke Depan Punya Tekad Lanjutkan Pembangunan IKN

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, Harisson membuka rapat kerja Komisariat Wilayah V Asosiasi Pemerintah Kota seluruh Indonesia (Apeksi) Regional Kalimantan Tahun 2023 yang mengusung tema “Aksi Lokal Untuk Masa Depan Iklim Global” di Kota Pontianak, Kamis (07/12/2023).

Sebagaimana dengan tema yang diangkat pada Raker Apeksi kali ini, Pj Gubernur Harisson menyampaikan, bahwa perubahan iklim nantinya harus dapat diantisipasi sedemikian rupa, sehingga tidak mengganggu keberlangsungan hidup masyarakat.

“Ini harus kita mitigasi. Karena jika tidak kita hadapi dengan baik, maka akan berpengaruh terhadap  ketahanan  pangan, ketahanan ekonomi dan juga untuk penanggulangan bencana,” ungkap Harisson.

Tak hanya itu, dirinya juga berharap keberpihakan pemerintah pusat untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur yang akan berdampak kepada provinsi-provinsi di Kalimantan yang merupakan wilayah penyangga bagi pembangunan IKN.

Baca Juga :  Warga Pergoki Aksi Pencurian Kabel Tower Indosat di Kubu Raya

“Berarti pembangunan di provinsi lain di luar Kalimantan Timur juga akan semakin maju. Kita berharap presiden ke depan mempunyai tekad bulat bahwa IKN akan terus dibangun demi mewujudkan pulau Kalimantan sebagai pusat pembangunan di Indonesia, jadi Indonesia sentris,” ungkapnya.

Sejalan dengan hal tersebut, ia menilai, dengan adanya percepatan pembangunan menata Ibu Kota Nusantara, maka wilayah penyangga IKN juga harus terjadi percepatan pembangunan pula, hal ini agar terjadi pemerataan pembangunan dan tak terjadi ketimpangan yang sangat tajam antara wilayah satu dengan lainnya.

Baca Juga :  Sutarmidji Dua Kali Jalani Pemeriksaan Swab PCR Pasca Ajudan Dinyatakan Positif, Ini Hasilnya

“Saya ingin tekankan dalam kesempatan rapat kerja ini, bahwa kota-kota di Kalimantan ini harus semakin maju. Harus saling terhubung dengan mudah, jadi tidak ada lagi misalnya mau ke Bontang itu harus ke Jakarta dulu, jadi memang pembangunan infrastruktur yang mendukung terhubungnya semua Kota di Kalimantan ini saya harapkan akan semakin mudah,” jelasnya.

Sebagai informasi, Apeksi sebagai organisasi yang menaungi pemerintah kota di Indonesia memiliki peran penting dalam mendorong pembangunan kota berkelanjutan. Apeksi dapat menjadi jembatan antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan seluruh pemangku kepentingan untuk berkolaborasi dalam membangun kota Pontianak. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment