Katarak, Kenali Gejala Awal dan Cara Efektif Menyembuhkannya

KalbarOnline, Kesehatan – Penyakit katarak adalah kondisi medis yang memengaruhi lensa mata, yang biasanya transparan, sehingga mengakibatkan pengaburan atau kehilangan kejernihan penglihatan.

Lensa mata berfungsi untuk mengarahkan cahaya ke retina di dalam mata, yang kemudian mengirimkan sinyal penglihatan ke otak. Katarak terjadi ketika lensa mata mengalami perubahan kekeruhan atau kekerasan, yang dapat menyebabkan gangguan penglihatan.

Gejala Umum Katarak

Katarak dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk penuaan alami, paparan sinar matahari berlebihan, cedera mata, riwayat keluarga, atau penyakit sistemik seperti diabetes. Faktor-faktor ini dapat menyebabkan protein dalam lensa mata untuk berubah struktur dan kehilangan transparansinya.

Beberapa gejala umum katarak meliputi pengaburan penglihatan, kesulitan melihat dalam cahaya terang, sensitivitas terhadap cahaya, penglihatan ganda, dan perubahan dalam persepsi warna. Penglihatan bisa menjadi buruk dan semakin memburuk seiring waktu.

Dokter mata akan mendiagnosis katarak melalui pemeriksaan mata yang komprehensif, termasuk pemeriksaan mata dengan alat khusus dan tes penglihatan. Dokter mata akan menentukan tingkat keparahan katarak dan apakah perawatan atau operasi diperlukan.

Pengobatan katarak pada tahap awal dapat mencakup koreksi penglihatan dengan kacamata atau lensa kontak. Namun, satu-satunya cara untuk menghilangkan katarak sepenuhnya adalah dengan operasi pengangkatan katarak.

Tahapan Operasi Katarak

Operasi katarak, yang juga dikenal sebagai operasi pengangkatan katarak, adalah prosedur bedah yang dilakukan untuk menghilangkan lensa mata yang kabur atau keruh dan menggantinya dengan lensa buatan yang disebut lensa intraokular (IOL).

Baca Juga :  Ini Tandanya Pasanganmu Dapat Dipercaya!

Tujuan dari operasi katarak adalah untuk memulihkan penglihatan yang terpengaruh oleh katarak dan meningkatkan kualitas hidup pasien. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai operasi katarak:

Sebelum operasi katarak, pasien akan menjalani pemeriksaan mata yang komprehensif oleh dokter mata. Pada saat itu, dokter akan menentukan tingkat keparahan katarak dan memeriksa kondisi mata secara keseluruhan.

Pasien juga akan berdiskusi dengan dokter mengenai jenis lensa intraokular yang akan digunakan setelah pengangkatan katarak. Jenis lensa ini dapat membantu koreksi penglihatan, seperti lensa monofokal untuk penglihatan jauh atau dekat, atau lensa multifokal untuk penglihatan ganda.

Operasi katarak biasanya dilakukan dengan menggunakan anestesi lokal, yang berarti hanya mata yang dioperasi yang dibius, sedangkan pasien tetap sadar. Beberapa kasus menggunakan anestesi umum.

Prosedur Operasi Katarak

Selama operasi, dokter mata akan membuat sayatan kecil pada mata, biasanya menggunakan teknik yang disebut fakoemulsifikasi. Alat ultrasonik digunakan untuk memecah lensa katarak yang kabur menjadi pecahan kecil yang kemudian dihisap dari mata.

Setelah lensa katarak diangkat, lensa intraokular akan ditempatkan di dalam kapsul lensa yang tersisa. Lensa ini akan menggantikan lensa yang diangkat dan akan membantu memfokuskan cahaya dengan jelas ke retina.

Baca Juga :  Hospital Expo Ajang Pamerkan Produk dan Layanan Rumah Sakit di Kalbar

Operasi katarak biasanya hanya memerlukan waktu sekitar 15-30 menit. Setelah operasi katarak, pasien biasanya akan dibiarkan pulang pada hari yang sama. Beberapa penglihatan kabur setelah operasi adalah normal, tetapi penglihatan akan membaik seiring waktu.

Pasien mungkin perlu menggunakan tetes mata dan antibiotik sesuai dengan rekomendasi dokter mata. Kegiatan normal seperti membaca, mengemudi, atau bekerja biasanya dapat dilakukan setelah beberapa hari hingga minggu, tergantung pada pemulihan individu.

Penutup

Operasi katarak memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi, dan banyak pasien melaporkan peningkatan penglihatan yang signifikan setelah operasi. Kecuali komplikasi yang jarang terjadi, seperti infeksi atau perdarahan, risiko utama operasi ini adalah perubahan penglihatan yang bisa terjadi meskipun telah diangkat katarak.

Operasi katarak adalah prosedur yang umum dilakukan dan telah membantu banyak orang mengatasi masalah penglihatan yang disebabkan oleh katarak. Ini bisa memerlukan koreksi penglihatan tambahan dengan kacamata atau lensa kontak.

Jika Anda mempertimbangkan operasi katarak, penting untuk berkonsultasi dengan dokter mata untuk menilai kondisi mata Anda dan menentukan apakah operasi ini sesuai untuk Anda. Untuk info lengkap mengenai prosedur dan biaya operasi katarak bisa langsung menghubungi KMN EyeCare di 021-7516699 (Call Centre) atau 0859-6055-3949 (WhatsApp). (DW)

Comment