Harisson: Pendidikan Akan Berjalan Baik, Apabila Kesehatan Masyarakatnya Juga Baik

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan dan pola pendidikan, Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson menyempatkan diri meninjau langsung keberadaan Puskesmas Putussibau Utara dan Sekolah Menengah Atas (SMA) 1 Putussibau, di sela-sela kunjungan kerjanya ke Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis (12/10/2023).

Kehadiran Harisson tersebut turut didampingi Pembina Posyandu Provinsi Kalbar, Windy Prihastari serta sejumlah kepala perangkat daerah terkait di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalbar.

Dalam kesempatan tersebut, Harisson mengatakan, bahwa dalam peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di provinsi ini, penting adanya korelasi antara kesehatan dan pendidikan.

Baca Juga :  Momen Haru Safari Dakwah, Satu Keluarga Keturunan Tionghoa di Putussibau Bersyahadat

“Kita (Pemprov Kalbar) harus memperbanyak jumlah sekolah dalam rangka mempermudah akses. Itu yang harus kita lakukan guna meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kalbar,” jelasnya.

“Namun, pendidikan akan berjalan baik, apabila kesehatan masyarakatnya juga baik. Termasuk peduli akan gizi anak sejak dini, ini penting untuk pertumbuhan anak dan nutrisi tumbuh kembangnya,” ungkap Harisson.

Dirinya mengingatkan, bahwa Provinsi Kalbar merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan negara luar, Malaysia. Sehingga diperlukan upaya khusus untuk memacu peningkatan IPM agar mampu bersaing dengan SDM-SDM dari luar.

Baca Juga :  Wakil Bupati Wahyudi Hadiri Kegiatan Kapuas Hulu Bersholawat di Masjid Agung Darunnajah Putussibau

“Pada Tahun 2023 ini akan di bangun Sekolah di daerah Puring Kencana dan seberuang kemudian yang direhab di embaloh hulu. Jadi memang kita tentunya tetap perhatikan juga daerah-daerah perbatasan baik dari pendidikan maupun kesehatannya,” terangnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment