Lestarikan Budaya Sejak Dini Lewat Lomba Celoteh Bahasa Melayu

KalbarOnline, Pontianak – UPT Pusat IPTEK dan Bahasa Kota Pontianak menggelar lomba berceloteh bahasa Melayu dan lomba bertundang yang diikuti peserta didik tingkat SD se-Kota Pontianak.

Kepala UPT Pusat IPTEK dan Bahasa Kota Pontianak, Rosalina memaparkan, sebanyak 52 pelajar SD mendaftar lomba berceloteh bahasa Melayu dan 9 tim mendaftar pantun berdendang atau tundang.

“Kami sekarang menggelar final lomba untuk mencari enam terbaik, yaitu harapan 3, 2 dan 1 kemudian juara 3, 2 dan juara 1,” ungkapnya usai lomba di lantai 2 Pontianak Convention Center (PCC), Selasa (26/09/2023).

Lomba ini merupakan kali kedua UPT Pusat IPTEK dan Bahasa Kota Pontianak menggelar kompetisi bagi pelajar.

Baca Juga :  Ria Norsan Minta BPS Sediakan Tenaga Sensus yang Mampu Berbahasa Daerah

UPT yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak ini pada tahun lalu juga telah melaksanakan agenda yang sama, namun dengan kategori lomba yang lebih banyak.

Rosalina mengatakan, terbatasnya anggaran menjadi alasan lomba lainnya tidak dilaksanakan. Ia menambahkan, pengumuman lomba akan disampaikan pada pekan pertama atau kedua bulan Oktober mendatang.

“Kegiatan UPT rutin tahunan ada lomba sains experiment, kontes dan kompetisi roket air yang regional. Tapi tahun ini tidak bisa dilaksanakan,” jelasnya.

Adapun kriteria penilaian diantaranya, pertama penggunaan bahasa Melayu dengan bobot 30 persen. Kemudian penampilan dengan bobot 20 persen. Di dalam penggunaan bahasa Melayu, beberapa indikator penilaian adalah diksi, ritme dan intensi penggunaan bahasa lain. Sedangkan untuk penampilan adalah kepercayaan diri, kostum, kontak dengan penonton serta penggunaan properti.

Baca Juga :  Lestarikan Budaya, Dekranasda Sekadau Gelar Pelatihan Pembuatan Tenun

Kedua lomba, lanjut Rosalina, diadakan sebagai upaya melestarikan budaya sejak dini dengan menumbuhkembangkan minat anak-anak terhadap bahasa Melayu.

“Vokal juga kami nilai, jelas dan lantang. Sesuai tidak dengan tema yang disampaikan,” tutupnya. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainna di Google News

Comment