Forum Satu Data Pemkot Pontianak Komitmen Perbaharui dan Validasi Data

KalbarOnline, Pontianak – Kebutuhan data menjadi sangat penting untuk mengambil suatu keputusan, tak terkecuali di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak. Program dan kebijakan yang dibuat juga berdasarkan data-data terbaru dari berbagai sektor dan subsektor.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pontianak, Zulkarnain menyampaikan, keakuratan sebuah data menentukan berhasilnya sebuah kebijakan. Oleh karena itu, pihaknya senantiasa melakukan koordinasi bersama pihak terkait, mulai dari sesama perangkat daerah maupun Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pontianak.

“Agar data selalu terupdate dan diverifikasi. Data-data itu juga kita tampilkan kepada masyarakat yang ingin melihat, ada data dinamis,” sebutnya usai agenda Forum Satu Data Kota Pontianak Tahun 2022, di Aula Rohana Muthalib, Kantor Bappeda Kota Pontianak, Kamis (24/08/2022).

Baca Juga :  Sutarmidji Minta Pejabat Tidak Pamer-pamer Harta Saat Lebaran: Bukan Zamannya Lagi

Melalui penyelenggaraan Forum Satu Data Kota Pontianak, Zulkarnain berharap, perangkat daerah dan lembaga terkait dapat menyajikan data yang mudah diakses dan dibagikan kepada masyarakat Kota Pontianak.

“Jadi warga selaku pengguna data akan memperoleh data yang berkualitas, akurat, mutakhir, valid, terpadu serta dapat dipertanggungjawabkan,” jelasnya.

Terlebih di era informasi seperti sekarang, aset digital harus memiliki perlindungan yang ketat dan aman. Kebutuhan masyarakat pun berubah, dari yang semula administrasi dilakukan secara konvensional, namun karena digitalisasi, semuanya beralih ke media elektronik.

Baca Juga :  Pemkot Pontianak Komitmen Entaskan Wilayah Kumuh dan Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Atas alasan itu pula, Zulkarnain mengajak aparatur di lingkungan Pemkot Pontianak untuk lebih peka dan tanggap dalam melayani masyarakat. Dengan memberikan akses yang lebih baik kepada masyarakat, maka akan tercipta inovasi-inovasi menarik yang bisa menyelesaikan berbagai permasalahan yang tengah dihadapi Kota Pontianak.

“Dan juga akan memberikan nilai tambah secara ekonomi kepada masyarakat Kota Pontianak,” tutupnya. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment