BOBO+ Mudahkan Masyarakat Pinjam Buku di Perpustakaan Kota Pontianak

KalbarOnline, Pontianak – Kini masyarakat Kota Pontianak tak perlu menghabiskan banyak waktu menjelajahi rak buku di Perpustakaan Kota Pontianak untuk meminjam buku. Pemustaka (orang yang memanfaatkan layanan perpustakaan) cukup membuka website https://bobo.pontianak.go.id untuk mencari buku.

Layanan reservasi buku daring ini, membuat pemustaka hanya perlu datang dan mengambil buku yang sudah dipesan, tanpa perlu mengembara rak atau mencari buku dengan Kiosk Opac di perpustakaan.

Inovasi yang diberi nama BOBO+ ini memberikan kepastian ketersediaan buku, sehingga pemustaka tak kecewa jika buku yang dicarinya sudah dipinjam. Saat ini, ada 40 ribu lebih koleksi buku umum dan braille yang bisa dipinjam.

Inovator BOBO+, R Isya menjelaskan, terobosan ini merupakan pengembangan dari inovasi yang dimulai Disperpusip Pontianak sejak 2017. Saat itu, buku yang dibutuhkan oleh pemustaka seringkali habis dipinjam atau tidak tersedia. Namun, hal tersebut baru diketahui ketika pemustaka sudah berada di Perpustakaan Pontianak.

Baca Juga :  Pemprov Kalbar Bebaskan Denda Pajak Kendaraan Tahun 2023, Catat Syarat dan Tanggalnya

“Saat itu juga belum adanya layanan perpustakaan berbasis elektronik yang dapat meningkatkan jumlah sirkulasi, kunjungan dan anggota Perpuskota,” ungkapnya.

Dengan adanya BOBO+, pemesanan buku bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Pemustaka juga dapat menghemat waktu mereka. Nantinya, buku yang dipesan pemustaka akan diproses oleh pustakawan dan disimpan di rak buku pemesanan BOBO+.

“Pemustaka yang memesan buku hanya perlu datang langsung ke Perpustakaan Kota atau Rumah Baca untuk mengambil buku, tergantung lokasi buku dipesan,” terangnya.

Sejak Agustus 2022 fitur layanan kembali ditingkatkan. Dari Booking Buku Online (BOBO) menjadi BOBO+ (Booking Buku Online plus). Peningkatannya adalah plus fitur antar pesanan ke rumah untuk penyandang disabilitas dan fitur notifikasi status atau riwayat pesanan buku pada member area.

Baca Juga :  Gubernur Sutarmidji Bakal Ngantor di Daerah Terdampak Banjir

“Jadi pemustaka dapat mengetahui status pesanan buku pada member area, berupa notifikasi buku sedang dicari, buku siap diambil, buku telah diambil, buku sedang diantar, buku telah diantar dan pesanan selesai,” jelasnya.

Peningkatan inovasi tak berhenti di situ. Per 8 Februari 2023, fitur BOBO+ ditambah dengan pendaftaran anggota Perpuskota Pontianak secara daring. Layanan ini khusus buat yang belum menjadi anggota perpuskota.

“Sehingga kini masyarakat Kota Pontianak dapat mengajukan permohonan pembuatan kartu anggota secara online. Layanan BOBO+ dapat diakses pada alamat: https://bobo.pontianak.go.id,” tukasnya. (Indri)

Comment