Pemprov Kalbar Siapkan 31 Bus Mudik Gratis, Ini Rutenya

KabarOnline, Pontianak – Pemerintah Provinsi Kalbar menyiapkan sedikitnya 31 bus untuk masyarakat yang hendak mudik atau pulang kampung antar wilayah kabupaten kota di Provinsi Kalbar.

Gubernur Kalbar, Sutarmidji mengatakan, bahwa fasilitas mudik ini gratis diberikan dengan kuota sebanyak 1.000 orang. Program ini bertujuan untuk membantu meringankan beban masyarakat yang akan mudik.

“Karena mudik kali ini diperkirakan padat, karena waktu cuti lama,” kata Sutarmidji, Rabu (12/04/2023).

Sementara itu, Sekda Kalbar, Harisson menyampaikan, bahwa pelaksanaan mudik gratis ini akan dilakukan pada tanggal 19 April 2023 pukul 08.00 WIB. Keberangkatan pemudik akan di dilepas secara langsung oleh Gubernur Kalbar di halaman Kantor Gubernur Kalbar.

Baca Juga :  Cornelis Back-up Pemekaran Provinsi Kapuas Raya

“Adapun rencana rute layanan mudik gratis Kalbar ini menggunakan Bus Damri ke berbagai tujuan daerah,” katanya.

Rute-rute tersebut antara lain, dari Pontianak – Mempawah – Singkawang – Sambas. Kemudian dari Pontianak – Ngabang – Bengkayang. Selanjutnya rute dari Pontianak – Sanggau – Sekadau – Sintang – Melawi – Kapuas Hulu. Selain itu ada pula rute dari Pontianak – Tayan – Sandai – Nanga Tayap (Kabupaten Ketapang).

Baca Juga :  Buka Perhelatan Festival Cap Go Meh 2568, Sutarmidji: Harus Lebih Meriah Dari Tahun Sebelumnya

Harisson mengungkapkan, adapun total 31 bus yang disiapkan, terdiri dari 19 bus milik Damri dan 11 bus dari partisan polres yang ada se-Kalbar di bawah koordinasi Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kalbar.

“Ini kami kerjasama Pemprov dengan Polda Kalbar, dan Damri, Jasa Raharja dan Bank Kalbar. Syarat dan ketentuan yang berlaku yakni harus memiliki KTP penduduk Kalbar, per-KK (kepala keluarga) maksimal empat orang, dan untuk satu kali keberangkatan,” terang Harisson. (Jau)

Comment