Kanwil DJPb Kalimantan Barat dan KPPN Pontianak Gelar Treasury Goes to Campus Tahun 2023

KalbarOnline, Pontianak – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Kalimantan Barat dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pontianak menyelenggarakan Kegiatan Treasury Goes to Campus di Politeknik Tonggak Equator (Polteq), pada Jumat (17/03/2023).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan tugas pokok dan fungsi Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Kementerian Keuangan serta edukasi terkait pelaksanaan APBN kepada masyarakat yang dalam hal ini ditujukan kepada mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa.

Kegiatan Treasury Goes to Campus yang mengambil tema “Muda, Pahami APBN Membangun Negeri” ini merupakan salah satu dari serangkaian kegiatan Hari Bakti Perbendaharaan yang rutin dilaksanakan setiap tahun.

Pada tahun lalu, kegiatan serupa dilaksanakan di SMA 1 Pontianak, dan tahun 2023 ini kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Lantai 4 Gedung Polteq yang mana dihadiri oleh Kepala Kanwil DJPb Kalimantan Barat beserta jajaran, Kepala KPPN Pontianak dan Direktur Politeknik Tonggak Equator beserta jajaran. Kegiatan ini diikuti oleh 140 mahasiswa yang berasal dari berbagai jurusan di Politeknik Tonggak Equator.

Dalam sambutannya, Kepala Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Barat, Kukuh Sumardono Basuki menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya kementerian keuangan dalam hal ini Direktorat Jenderal Perbendaharaan untuk memberikan edukasi terkait pengelolaan keuangan negara agar para mahasiswa mendapatkan sudut pandang baru dari para pengelola keuangan negara terkait implementasinya di lapangan.

Baca Juga :  Pakta Integritas, Kapolda Kalbar Tegaskan Tak Segan Beri Sanksi

“APBN tentunya harus diketahui oleh masyarakat luas, terutama untuk para civitas akademika dan mahasiswa sebagai generasi muda,” katanya.

Melalui kegiatan Treasury Goes to Campus ini, Kukuh mengharapkan, para mahasiswa dapat memahami secara penuh dan mendukung kebijakan pengelolaan keuangan negara, serta ikut turut serta dalam mengawal kinerja dan pelaksanaan APBN.

Selanjutnya, Direktur Polteq, Anastasia Ari Martiyanti menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas kesediaan Kepala Kanwil DJPb Kalbar beserta rombongan yang telah berkunjung dan meluangkan waktunya untuk memberikan edukasi seputar pengelolaan dan pelaksanaan APBN kepada para mahasiswa Polteq.

“Saya mewakili keluarga besar Polteq mengucapkan terima kasih dan kami merasa sangat bahagia atas kesempatan yang diberikan oleh Kanwil Ditjen Perbendaharaan Kalimantan Barat kepada mahasiswa kami selaku generasi muda untuk lebih mengenal tentang pengelolaan keuangan negara, khususnya pelaksanaan APBN,” ujarnya.

Baca Juga :  Bakal Gelar Pontianak Fashion Week, Menteri Sandiaga Uno Sebut Keunikannya di Titik Kulminasi

Acara ni memuat penyampaian materi yang dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama, yaitu materi terkait Tugas dan Fungsi DJPb yang dipaparkan oleh Pelaksana Seksi Manajemen Satker dan Kepatuhan Internal (MSKI) KPPN Pontianak, Hasanuddin.

Kemudian sesi kedua adalah materi pelaksanaan APBN Tahun 2023 yang disampaikan oleh Kepala Seksi Pembinaan Pelaksanaan Anggaran I-A, Satriyo Budi Cahyono, dan sesi terakhir yaitu Sharing Session Beasiswa LPDP yang disampaikan oleh Ketua Mata Garuda LPDP Kalbar, Rahmat Putra Yudha.

Meskipun dilaksanakan di malam hari, acara tetap berlangsung dengan interaktif. Para peserta yang didominasi oleh mahasiswa dari program studi English for Business & Professional Communication terlihat antusias selama mengikuti acara, terlebih saat sesi tanya jawab seputar APBN.

Kegiatan tersebut ditutup dengan kuis seputar materi yang telah disampaikan dan pembagian hadiah kepada para pemenang kuis.

Ke depannya, agenda semacam ini akan terus diadakan untuk memberikan ruang berdiskusi kepada para mahasiswa maupun pelajar agar lebih mengenal tupoksi Kementerian Keuangan dan turut ikut serta dalam mengawal pembangunan atau pelaksanaan APBN. (Jau)

Comment