Kelurahan Hilir Kantor Gelar Musrenbang, Sekcam Abang Hamzah Ingatkan Permendes Jadi Patokan

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Untuk pengembangan kapasitas kelurahan menuju pemerataan kesejahteraan masyarakat, Kelurahan Hilir Kantor mengadakan musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) tahun 2024, Selasa (31/01/2023), di Aula Kantor Lurah Hilir Kantor.

Lurah Hilir Kantor, Norman mengharapkan, musrenbang ini dapat berjalan dengan dilandasi musyawarah dan mufakat, sehingga nantinya, setiap usulan dari RT maupun RW tersebut dapat berlanjut hingga ke tingkat kabupaten.

Sebelumnya, Sekretaris Kecamatan Putussibau Utara, Abang Hamzah menjelaskan, bahwa kegiatan musrenbang ini bertujuan untuk menyepakati adanya usulan dari tingkat RT maupun tingkat RW.

“Apa yang sudah diusulkan serta  dimusyawarahkan di tingkat RT maupun RW, maka disampaikan di musrenbang ini, dan jika masih ada usulan sebaiknya bisa disampaikan,” kata dia.

Baca Juga :  Penutupan Rangkaian Kegiatan HUT RI ke 78 di Kelurahan Hilir Kantor Semarak dan Meriah

Abang Hamzah mengingatkan, bahwa dalam rangka menyusun usulan sebaiknya jangan sampai melupakan sejumlah item yang sedianya menjadi patokan, seperti  data kemiskinan. Karena disampaikannya, di dalam permendes sendiri terdapat adanya program desa sehat, penuntasan stunting dan lainnya.

“Musrembang ini berjenjang, dari tingkat kelurahan, desa, kecamatan, kabupaten. Akan berjenjang sampai ke tingkat provinsi serta tingkat nasional,” ungkapnya.

Foto bersama dalam acara Musrenbang Kelurahan Hilir Kantor. (Foto: Ishaq)
Foto bersama dalam acara Musrenbang Kelurahan Hilir Kantor. (Foto: Ishaq)

Di luar itu, Kapolsek Putussibau Utara, Kompol Rahmat dalam kesempatan yang sama mengingatkan mengenai kondisi kamtibmas di lingkungan masing-masing. Ia meminta agar masyarakat tidak segan melapor, jika mengetahui hal-hal yang dapat mengganggu kondusifitas kamtibmas.

“Jika ada permasalahan tolong sampaikan kepada kami, baik melalui bhabinkamtibmas, babinsa, lurah maupun kepada RT dan RW,” imbaunya.

Baca Juga :  Speedboat Pembawa Rombongan Anak TK, Karam di Sungai Ensilat

Lebih lanjut Kapolsek Rahmat menyampaikan, perlunya penggiatan kembali pos-pos kamling yang ada di masing-masing lingkungan. Jika ada warga yang mencurigakan dapat segera melapor ke polisi atau ke RT dan RW.

“Kita di Kabupaten Kapuas Hulu tidak pernah terpengaruh dengan situasi di daerah lain. Kami selaku petugas keamanan, baik itu polsek, koramil, bhabinkamtibmas, babinsa–semata-mata untuk menjaga kerjasama, untuk saling berbagi informasi terkait dengan kamtibmas,” pungkas Kapolsek Rahmat.

Hadir pula pada musrenbang tingkat Kelurahan Hilir Kantor, di antaranya Danramil Putussibau, Lurah Putussibau Kota, M Tajak, para Ketua RT dan RW, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat se-Kelurahan Hilir Kantor. (Ishaq)

Comment