Masjid Silaturahmi Hilir Kantor Gelar Shalat Idul Adha, Akel: Berkurban Meneladani Sejarah Nabi Ibrahim AS

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Masjid Silaturahmi Kelurahan Hilir Kantor, menggelar shalat Idul Adha 1443 Hijriah, pada Minggu 10 Juli 2022. Dimana yang bertindak sebagai imam adalah H Rukman, sebagai bilal adalah Masdar dan sebagai khatib adalah Mohd Akel.

Dalam ceramahnya, Mohd Akel yang juga merupakan Ketua Umum Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam Kabupaten Kapuas Hulu itu, menekankan akan pentingnya ibadah kurban sebagai bentuk keteladanan umat Islam kepada Nabi Ibrahim AS.

Baca Juga :  Tim Gabungan Polres Kapuas Hulu Tangkap Pelaku Narkoba di Salah Satu Jasa Travel Putussibau

“Berkurban adalah bagaimana kita meneladani bentuk sejarah Nabi Ibrahim AS, ketika diuji keimanan oleh Allah SWT,” tuturnya.

“Kita dapat mengambil hikmah serta  pelajaran dari Nabi Ibrahim AS adalah yang pertama beriman dan beragama, pada dasarnya melawan hawa nafsu atau kesenangan yang ada pada diri kita masing-masing,” tambahnya.

Kemudian yang kedua, pelajaran atau keteladanan dari kisah Nabi Ibrahim AS, bahwa hak asasi manusia harus dijunjung tinggi, dalam hal ini hak hidup. 

Baca Juga :  Ketua DPRD Kapuas Hulu Akan Perjuangkan Abrasi Pantai ke Kementerian PUPR

“Kisah Nabi Ibrahim AS mengajarkan kita, beragama adalah pengorbanan melawan nafsu yang ada dalam diri kita masing-masing. Beragama adalah usaha menjadikan diri kita sebagai manusia yang tidak diperbudak oleh Nafsu atau manusia lainnya, melainkan manusia yang menghamba dengan seutuhnya di hadapan Allah SWT,” urai Akel. 

Selesai shalat Idul Adha, pengurus Masjid Silaturahmi beserta panitia hewan kurban, melaksanakan penyembelihan dua ekor sapi dan langsung dibagikan kepada yang berhak menerimanya. (Ishaq)

Comment